Verna Inkiriwang Bupati Pertama dari Kalangan Perempuan di Poso dan Sulteng

Verna Inkiriwang Bupati Pertama dari Kalangan Perempuan di Poso dan Sulteng

Foto: Istimewa

Transsulawesi.com, Banggai -- Pilkada serentak 2020 usai digelar tahun kemarin. Uniknya, Verna Inkiriwang Torehkan Sejarah, Bupati Poso Pertama dari Kalangan Perempuan sekaligus di Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng).

Verna G. M Inkiriwang berhasil memperoleh suara terbanyak di Pilkada Kabupaten Poso dan secara resmi dilantik oleh Gubernur Sulteng di Gedung Yodjokodi Convention Center (YCC), Kota Palu, Jumat (26/2).

Ketua PK PKK Sulteng sekaligus Ketua Dekranasda Sulteng, Hj. Zalzulmida Djanggola memberi apresiasi atas terpilihnya seorang perempuan menjadi Bupati Poso.

Pengukuhan dan pengambilan sumpah tersebut merupakan rangkaian kegiatan pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan kepala daerah dan wakil kepala daerah kabupaten dan kota di Sulteng hasil Pilkada serentak 2020, periode 2021-2024.

Lima kepala daerah yang dilantik adalah Wali Kota Palu dan Wakil Wali Kota Palu, Handianto Rasyid-Reny Lamadjido. Bupati dan Wakil Bupati Poso, Verna Inkiriwang-Yasin Mangun.

Bupati dan Wakil Bupati Tolitoli, Amran H Yahya-M Besar Bantilan. Bupati dan Wakil Bupati Banggai Laut, Sofyan Kaepa-Ablit H Ilyas. Serta Bupati dan Wakil Bupati Sigi, Irwan Lapata-Samuel Yansen Pongi.

Sementara itu, Gubernur Sulteng Longki Djanggola dalam arahannya mengatakan, dari 9 Pilkada serentak 2020 di Sulteng, tersisa dua kabupaten, Tojo Una-una dan Morowali Utara, belum dilaksanakan pelantikan karena masih menunggu hasil keputusan MK.

Sedangkan Kabupaten Banggai menunggu berakhirnya masa jabatan bupati dan wakilnya. Termasuk pelantikan gubernur dan wakil gubernur Sulteng.

“Permohonan maaf kepada seluruh keluarga dan pendukung dari kepala daerah yang terpilih karena dalam pelaksanaan ini jumlah yang hadir sangat dibatasi. Ini semua karena Pemprov sangat serius dalam pencegahan penyebaran COVID-19,” kata Longki.

TULIS KOMENTAR

Alamat email anda aman dan tidak akan dipublikasikan.