Tim Pemda Banggai Turun Identifikasi Lahan PT Sawindo Cemerlang di Batui

Tim Pemda Banggai Turun Identifikasi Lahan PT Sawindo Cemerlang di Batui

Foto: Istimewa

Transsulawesi.com, Batui – Tim gabungan pemerintah daerah Kabupaten Banggai turun langsung untuk mengidentifikasi lahan yang menjadi sengketa antar petani di Batui dengan PT Sawindo Cemerlang. Tim gabungan initurun untuk menindaklanjuti surat rekomenadsi dari DPRD Kabupaten Banggai dengan nomor: 890/113/Set.DPRD tertanggal 17 februari 2021.

Kunjungan kerja kali ini merupakan langkah tim pemda banggai untuk melaksanakan identifikasi permasalahan di perkebunan sawit milik PT Sawindo Cemerlang.

Tim terdiri dari Dinas TPHP Banggai, Dinas Lingkungan Hidup, Dinas Koperasi dan UMKM, Badan Pertanahan Banggai, Pihak TNI dan Polri Banggai dan Camat Batui.

Permasalahan antara petani di Batui dengan PT Sawindo Cemerlang sudah cukup lama. Beberapa petani bahkan mengalami kriminalisasi dengan sering dilaporkan oleh pihak perusahaan dengan dugaan pencurian. Padahal pengkuan petani, bahwa perusahaanlah yang sering serobot lahan warga di Batui.

Banyak tentunya perkara yang dipersoalkan petani, salah satunya yakni bagaimana bagi hasil petani plasma dengan perusahaan.

Dalam rapat yang dilakukan pemda bnaggai bersama seluruh pihak terkait, ditemukan bahwa bahwa SPK antara PT Sawindo Cemerlang dan petani plasma dalam hal ini koperasi sawit maleo sejahtera tidak sesuai dengan permentan RI No. 98/Permentan/OT.140/9/2013 tentang pedoman perizinan usaha perkebunan.

Saat tim pemda banggai turun lapangan, banyak petani di batui yang bersyukur karena bisa menemui titik jelas dari persoalan yang telah berlarut-larut ini. Petani hanya ingin kejelasan dari hak mereka begitu juga dengan kejelasan kepemilikan hak atas tanah mereka.

(mhr)

TULIS KOMENTAR

Alamat email anda aman dan tidak akan dipublikasikan.