Terlambat Bayar Tagihan Jargas, Konsumen di Batui Wajib Siapkan Uang Jaminan

Terlambat Bayar Tagihan Jargas, Konsumen di Batui Wajib Siapkan Uang Jaminan

Pemerintah menargetkan pembangunan jaringan pipa gas bumi untuk rumah tangga (jargas) pada 2021 sebanyak 120.776 sambungan. (Foto: CNBC Indonesia)

Transsulawesi.com, Batui – Para konsumen sambungan Jaringan Gas (Jargas) jangan kaget jika sewaktu-waktu tagihan jargas membengkak. Pasalnya terhitung sejak April 2021 pelanggan yang terlambat bayar tagihan wajib menyediakan “Jaminan Pembayaran”.

Salah satu pelanggan Jargas di Batui Nawir mengatakan bahwa ada kenaikan drastis tagihan jargas. Misalnya penggunaan jargas untuk rumahnya sebanyak 26 meter kubik dengan harga ketetapan dari BPH Migas yakni untuk Rumah Tangga-1 (RT-1) sebesar Rp 4.250/M3 (empat ribu dua ratus lima puluh rupiah per meter kubik) yakni hanya akan membayar Rp. 110. 500 namun tagihan tiba-tiba menjadi Rp. 326.500.

Putu Arjana salah satu Marketing PT Pegasol membenarkan hal tersebut tagihan yang tiba-tiba membengkak itu disebabkan konsumen telat bayar. Menyusul adanya aturan baru yang keluar pada bulan April 2021 untuk pelanggan yang terlambat membayar tagihan wajib menyediakan Jaminan Pembayaran sesuai dengan ketentuan PGN.

“Telat bayar, ada aturan baru yaitu konsumen diwajibkan menyediakan biaya Jaminan Pembayaran,” ujar Putu.

Namun, menurut Putu bahwa uang jaminan yang di bayarkan oleh konsumen sambungan jargas hanya berlaku sekai saja selama berlangganan jarga, dan akan dikembalikan ke konsumen ketika berhenti berlangganan gas.

Banggai sendiri ditahun 2019 mendapatkan alokasi sambungan jargas sebnyak 4000 konsumen. Kemudian pada tahun 2020 mendapatkan 5005 sambungan jargas, namun hal tersebut terkendala dengan kondisi Covid-19 dan baru bisa direalisasikan oleh Kementerian ESDM pada tahun ini.

Namun banyak warga di Batui mempertanyakan terkait uang jaminan yang perlu disetorkan ke perusahaan gas. Dan belum diketahui berapa besaran uang jaminan beserta hitung-hitungannya jika terlambat untuk menbayar.

(mhr)

TULIS KOMENTAR

Alamat email anda aman dan tidak akan dipublikasikan.