Survey LSI Winstar 45,1 Persen, Namun Blunder Sikap Dan Pernyataan Bisa Menjadi Tsunami Politik

Survey LSI Winstar 45,1 Persen, Namun Blunder Sikap Dan Pernyataan Bisa Menjadi Tsunami Politik

Foto: Istimewa

Transsulawesi.com, Banggai – Lingkaran Survei Indonesia (LSI) Denny JA, mengeluarkan rilis surveynya pada Pilkada Banggai 2020, Kamis (26/11/2020) di Luwuk.

Peneliti LSI Denny JA Fajar Moestar, menjelaskan pasangan Herwin Yatim-Mustar Labolo atau Winstar sebagai yang tertinggi saat ini. Namun tentunya Winstar tidak boleh melakukan tindakan blunder seperti sikap dan pernyataan, karena hal itu bisa menjadi tsunami politik dan mengubah peta dukungan.

Adapun hasil survey yang mereka lakukan terhitung sejak 10-15 November 2020 dengan memintai pendapat 440 responden. Dari 440 Responden tersebut, elektabilitas pasangan Winstar di posisi 45,1 persen, disusul Amirudin Tamoreka-Furqanudin Masulili (AT-FM) dengan 22,6 persen dan pasangan Sulianti Murad-Zainal Abidin Alihamu dengan elektabilitas 11,1 persen.

Namun masih ada sekira 21,2 persen yang belum memutuskan pilihannya dan menurut Fajar bukan berarti Winstar tak bisa dikalahkan oleh dua Paslon lain.

Menurut Fajar, ada beberapa hal yang dapat mengubah suara pemilih dan komposisi perolehan suara masing-masing Paslon. Yakni, angka partisipasi dan golput yang bisa mempengaruhi dan mengubah suara. Begitu juga dengan Winstar melakukan blunder besar, maka hal itu berdampak terhadap dukungan rakyat pada petahana.

Point krusial yang di tekankan oleh LSI yakni bahaya mobilisasi massa yang masif yang dilakukan oleh paslon lainnya, maka hal itu bisa mengubah tingkat keterpilihan. 

(mhr)

TULIS KOMENTAR

Alamat email anda aman dan tidak akan dipublikasikan.