Pelatihan Operator Magang DSLNG Selesaikan Tahap Awal

Pelatihan Operator Magang DSLNG Selesaikan Tahap Awal

Transsulawesi.com,  Banggai -- Sejak dimulai pada 8 Februari 2021 lalu, enam peserta yang lolos seleksi Program Pemagangan Operator atau Operator Program Apprenticeship (OPA) PT Donggi-Senoro LNG dari Kabupaten Banggai telah menyelesaikan tahap awal pelatihan intensif di Petrotekno Technical School di Kawasan Cilito, Jawa Barat, pada 7 April lalu. Lewat pelatihan selama dua bulan tersebut, mereka dibekali dengan berbagai pengetahuan dasar terkait proses LNG, baik itu perawatan, serta prosedur keamanan dan keselamatan.

Pelatihan dalam bentuk pemaparan teori di kelas ini juga dibarengi dengan praktek lapangan yang langsung dibina oleh tenaga ahli yang kredibel. Para pengajar mengaku tak menemukan kesulitan berarti saat melatih enam peserta OPA DSLNG.

“Jurusan mereka yang beragam, tidak menjadi penghalang sama sekali. Mereka sangat cepat menangkap semua materi yang diberikan. Bahkan tidak menemukan kesulitan walaupun materi yang diberikan dikemas dalam Bahasa Inggris,” ungkap Talent Management Supervisor DSLNG Ferry Koesindratmono.

Selain pelatihan teori dan praktik lapangan, peserta OPA DSLNG turut diberikan pelatihan kepemimpinanHal ini bertujuan untuk membentuk sikap kerja yang profesional dan bertanggung jawab. Mereka pun dituntut untuk dapat membangun kedekatan dengan tim, sebab hal tersebut dapat memberikan pengaruh besar terhadap kinerja mereka di masa mendatang. Mereka dilatih baris-berbaris, kedisiplinan, dan juga kepercayaan diri.

Dengan telah selesainya pelatihan awal, saat ini para peserta OPA telah melanjutkan tahap pemagangan di Kilang DSLNG, di Desa Uso, Kecamatan Batui. Dalam tahap ini mereka akan menyelami lebih dalam segala hal rinci yang berkaitan dengan proses bisnis LNG. Ini akan memfokuskan para peserta OPA terhadap familiarisasi kilang LNG, yang meliputi process train, utility, dan storage loading, serta dibekali pula dengan pelatihan Bahasa Inggris. Semuanya didampingi oleh tenaga ahli DSLNG di bidangnya masing-masing.

Proses pemagangan yang akan berlangsung hingga tahun depan ini, dibarengi pula dengan proses evaluasi para peserta OPA. Mereka diharapkan mampu memahami dengan baik segala materi dan proses yang akan mereka lewati.

PT Donggi-Senoro LNG berharap agar peserta OPA dapat melewati semua proses pemagangan dengan baik hingga akhir, dan terbentuk menjadi tenaga berbakat yang memiliki keahlian yang mumpuni, dan bisa berkembang di masa yang akan datang.

Mhr

TULIS KOMENTAR

Alamat email anda aman dan tidak akan dipublikasikan.