Peduli Kesehatan masyarakat, Polkes TNI di Banggai Gelar Donor Darah

Peduli Kesehatan masyarakat, Polkes TNI di Banggai Gelar Donor Darah

Poliklinik Kesehatan (Polkes) 13.10.03 Luwuk Banggai menggandeng Unit Tranfusi Darah (UTD) Palang Merah Indonesia (PMI) Banggai, menggelar baksti sosial donor darah, Selasa (08/10). (Foto: Istimewa)

Transsulawesi.com, Banggai -- Dalam rangka memeriahkan hari ulang tahun (HUT) ke 74 Kesad (Kesehatan Angkatan Darat), Poliklinik Kesehatan (Polkes) 13.10.03 Luwuk Banggai menggandeng Unit Tranfusi Darah (UTD) Palang Merah Indonesia (PMI) Banggai, menggelar baksti sosial donor darah, Selasa (08/10).

Baksos yang digelar dihalaman Polkes 13.10.03LB, jalan Samratulangi, Kelurahan Bungin, Kecamatan Luwuk, ini secara serentak dilaksanakan di seluruh Indonesia.

Kepala Polkes 13.10.03LB, Peltu Silwanus AP, menegaskan selain memeriahkan HUT KESAD ke 74, baksos yang digelar sebagai bentuk kemanusiaan untuk berpartisipasi mendukung PMI dan sesama yang membutuhkan bantuan donor darah.

Lebih lanjut dikatakan pada baksos kali ini diikuti 208 peserta donor darah yang terdiri dari personil Kodim 1308/LB 54 orang, personil Kipan C Yonif 714/SM 25 orang, personil Koramil 1308-01 12 orang, personil Tepbek XIII-44-02 Luwuk 8 orang, personil Subdenpom XIII/2-3 2 orang, personil Pos TNI-AL Luwuk 4 orang, personil Kompi II Yon B Satbrimobda Sulteng 15 orang, personil Damkar Banggai 15 orang, karyawan Bank Mandiri 8 orang, mahasiswa FKM Untika Luwuk 25 orang, anggota GM FKPPI Banggai 10 orang, serta masyarakat sejumlah 30 orang.

Silwanus menguraikan dengan menggusung tema "Dengan Prajurit Kesehatan Yang Unggul dan Profesional, Kita Wujudkan Kebesaran Dan Kemajuan KESAD", baksos merupakan wujud kepedulian TNI untuk membantu program pemda dan masyarakat dalam memperdayakan serta meningkatkan pelayanan kesehatan masyarakat secara berkesinambungan.

Silwanus berharap melalui baksos ini dapat mempererat tali silaturahmi antara TNI, Polri, Pemda dan masyarakat, serta terwujudnya Ketahanan Nasional yang kokoh dan kuat bagi keutuhan NKRI.

Sementara itu, ia menguraikan dari 208 peserta donor darah hanya 52 peserta yang dinyatakan memenuhi syarat. Meskipun demikian, Silwanus mengucapkan terima kasih yang setulusnya dan mengapresiasi animo peserta donor darah.

"Kami mengapresiasi dan berterima kasih yang setulusnya kepada peserta yang sangat antusias dan sukarela memberikan darahnya. Sayangnya tidak semua peserta dapat diambil darahnya dikarenakan dari segi kesehatan belum memenuhi syarat. Meskipun hanya 52 peserta (kantong darah) yang memenuhi syarat namun telah memenuhi target yang diintruksikan pusat, yakni sebanyak 50 kaantong darah. Krdepannya semoga kegiatan ini dapat berkesinambungan," tandasnya.

Sementara itu, Kepala UTD OMI Banggai, dr. Rasminah G Mahmud, dalam kesempatan tersebut menyampaikan apresiasi atas digelarnya baksos donor darah.

Tak hanya itu, ia juga berharap kedepannya UTD PMI Banggai dapat selalu dilibatkan dalam kegiatan serupa.

"Kami sangat berterima kasih dengan dilaksanakan kegiatan ini. Dan untuk kedepannya kami sangat mengharapkan untuk selalu dilibatkan dalam kegiatan serupa. Sebab Darah sangat dibutuhkan oleh masyarakat Kabupaten Banggai," ucapnya.

Tak pula ia mengucapkan selamat Hari Ulang Tahun Kesehatan Angkatan Darat ke-74.

"Dirgahayu KESAD ke 74," tutupnya.

Baksos turut dihadiri Kasdim 1308/LB, Mayor Inf Red Abner Patambo; BP Polkes 13.10.03 LB, Kapten (K) Ckm Ria Ferany; Danramil 1308-01/Luwuk, Kapten Inf Supartono; Pasi Ops Kodim 1308/LB, Kapten Inf Ardiansyah; anggota dan PNS Kodim 1308/LB  dan Balakaju, Personil Polkes Kodim 1308/LB, Tim Medis UTD PMI Banggai, Persit KCK Cabang XXII Kodim 1308 dan Persit KCK Ranting Titipan, dan peserta donor darah yang terdiri dari TNI/ Polri, OPD, BUMN, mahasiswa, Ormas dan masyarakat. (dewi/arf)

TULIS KOMENTAR

Alamat email anda aman dan tidak akan dipublikasikan.