MTQ Resmi Ditutup, Piala Bergilir Provinsi Sulteng Milik Kota Palu

MTQ Resmi Ditutup, Piala Bergilir Provinsi Sulteng Milik Kota Palu

Musabaqah Tilawatil Qur’an Ke XXVIII (28) Tahun 2020 Tingkat Provinsi Sulawesi Tengah yang dilaksanakan selama 1 minggu (16 Maret 2020 – 22 Maret 2020) secara resmi berakhir. Foto/Humas Protokol Setda Prov.Sulteng

Transsulawesi.com, Bangkep -- Musabaqah Tilawatil Qur’an Ke XXVIII (28) Tahun 2020 Tingkat Provinsi Sulawesi Tengah yang dilaksanakan selama 1 minggu (16 Maret 2020 – 22 Maret 2020) secara resmi berakhir, ditutup pada Minggu (22/3) 2020, bertempat di Salakan Kab.Banggai Kepulauan.

Acara penutupan yang terpusat di arena utama MTQ depan rumah jabatan Bupati Banggai Kepulauan dimulai pukul 20.30 WITA tampak dipenuhi oleh ribuan jiwa manusia yang ingin menyaksikan acara penutupan tersebut yang diawali penyambutan tamu kehormatan dengan rebana dilanjut dengan cuci tangan sebagai protap masuk arena MTQ guna mengantisipasi antisipasi pencegahan virus corona atau Covid-19 yang saat ini mewabah.

Gubernur Sulawesi Tengah dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan Wakil Gubernur Sulawesi Tengah Drs H. Rusli Baco Dg. Palabbi, S.Sos., S.H, M.H menyampaikan pelaksanaan Musabaqah Tilawatil Qur’an adalah momentum mulia untuk meningkatkan jejak-jejak peradaban yang ditandai dengan berubahnya pola pikir, kebiasaan dan karakter yakni dari pemikiran sempit kepada pemikiran yang maju dan terbuka.

“Selaku pribadi dan Pemerintah Daerah Provinsi Sulawesi Tengah, saya mengucapkan terima kasih dan apresiasi setinggi-tingginya kepada panitia, dewan hakim, pemerintah daerah dan masyarakat Kabupaten Banggai Kepulauan serta semua pihak yang turut mendukung penyelenggaraan MTQ Tingkat Provinsi Sulawesi Tengah yang ke-28 Tahun 2020 sehingga berjalan lancar dan sukses dari awal sampai penutupan malam hari ini,”sebutnya.

Ia pun berharap, iklim religius dan persaudaraan yang dirasakan selama MTQ dapat tetap dipertahankan bahkan sebisa mungkin ditingkatkan dan juga ditularkan ke berbagai aspek pembangunan sehingga manfaatnya bukan hanya untuk peserta tapi bagi semua masyarakat Sulawesi Tengah, terutama bagi Kabupaten Banggai Kepulauan sebagai tuan rumah MTQ 28.

Selanjutnya Ia pun mengucapkan selamat dan apresiasi atas prestasi yang sudah diraih para qori-qoriah, hafidz-hafidzah, mufassir-mufassirah dan tentu saja kepada pemda yang berhasil merengkuh gelar juara umum dan Ia pun berharap para pemenang agar jangan cepat berpuas diri dan bersikap jumawa karena setelah ini masih ada gelaran MTQ Nasional.

Sementara itu, Kakanwil Kementerian Agama Provinsi Sulawesi Tengah yang diwakili Kepala Bagian Tata Usaha Kanwil Kemenag Prov. Sulteng Dr.H.Kiflin Pajala,M.Pd.I menyampaikan pelaksanaan MTQ merupakan pertanda adanya dinamika positif dari kehidupan beragama masyarakat yang religius,”Fenomena ini sekaligus sebagai isyarat bahwa nur Ilahi dan cahaya Al-Quran telah tumbuh dan bersemi di Kota Salakan khususnya dan Kabupaten Bangkep pada umumnya,”katanya.

“Kami mengucapkan Selamat kepada para pemenang dalam setiap cabang lomba, semoga prestasi yang telah ditoreh dapat dipertahankan bahkan ditingkatkan untuk MTQ Ringkat Nasional nanti,”lapor Ketua Umum Panitia yang juga Bupati Banggai Kepulauan Rais D.Adam.

Kepala Biro Kesra Setda Prov.Sulteng Dra.Sitti Hasbiah N.Zaenong,M.Si menyampaikan MTQ Tingkat Provinsi Sulawesi Tengah dilaksanakan sebelum adanya penetapan status Covid-19 dan sampai saat ini baru 2 provinsi di Indoensia yang sudah melaksanakan MTQ tingkat provinsi yaitu Pemerintah DKI Jakarta dan Pemerintah Prov.Sulawesi Tengah,”semoga para kafilah yang berasal dari Kabupaten/Kota kembali ke rumah dalam keadaan sehat,”harapnya.

Malam itu diumumkan yang keluar menjadi juara Umum dan peringkat kafilah Sesuai Surat Keputusan Dewan Hakim Musabaqah Tilawatil Qur’an Ke XXVIII (28) Tahun 2020 Tingkat Provinsi Sulawesi Tengah, yaitu Juara Umum Kota Palu dengan Total Nilai 82, perolehan nilai sebagai berikut : Juara 1 sejumlah 13 orang x 5 = 65, Juara 2 sejumlah 4 orang x 3 = 12, Juara 3 sejumlah 6 orang x 1 = 6.

Peringkat Kedua Kab.Parigi Moutong Total Nilai 61, perolehan nilai sebagai berikut : Juara 1 sejumlah 5 orang x 5 = 25, juara 2 sejumlah 10 orang x 3 = 30, juara 3 sejumlah 6 orang x 1 = 6.

Peringkat Ketiga Kab.Banggai Kepulauan  Total Nilai 49, perolehan nilai sebagai berikut : Juara 1 sejumlah 6 orang x 5 = 30, Juara 2 sejumlah 5 orang x 3 = 15, juara 3 sejumlah 4 orang x 1 = 4.

Terakhir Wakil Gubernur Sulawesi Tengah menyerahkan Piala bergilir MTQ Provinsi Sulawesi Tengah kepada Wali Kota Palu yang diwakili Asisten Adm.Pemerintahan dan Kesra Setda Kota Palu Moh.Rifani Pakamundi,S.Sos,M.Si.

Nampak hadir Wabup Balut, Sekda Kab.Donggala, Forkopimda Kab.Bangkep, Kepala OPD Kab.Bangkep, para kafilah, pegawai kantor kementerian agama, tokoh pemuda, tokoh masyarakat, tokoh agama.

TULIS KOMENTAR

Alamat email anda aman dan tidak akan dipublikasikan.