Masyarakat Batui Demo Tolak Tambang Nikel, Saat Sosialisasi AMDAL

Masyarakat Batui Demo Tolak Tambang Nikel, Saat Sosialisasi AMDAL

Masyarakat Batui melakukan aksi demonstrasi di hotel santika dan DPRD Kabupaten Banggai untuk menolak kehadiran tambang nikel didaerah mereka. (Foto: Istimewa)

Transsulawesi.com, Batui – Masyarakat Kecamatan batui, Kabupaten Banggai, sepakat menolak kehadiran tambang nikel di daerah mereka. Aksi penolakan tersebut tertuang pada tuntutan warga masyarkat Batui saat sosialisai perencanaan Analisa Dampak Lingkungan (AMDAL) di dua tempat yakni kantor kecamatan Batui dan Hotel Santika, Luuwk Kabuapten Banggai, Senin (26/1/2021).

Masyarakat Batui yang berada di kantor kecamatan hampir seluruhnya pulang kerumahnya masing-masing saat acara sosialisasi secara virtual yang dilangsungkan oleh Dinas Lingkungan Hidup kabupaten Banggai.

Menurut masyarakat apa yang bisa dihasilkan jika pertemuan saja dilakukan secara virtual dengan menggunakan aplikasi zoom meeting saat sosialisasi. Padahal masyarakat ingin bertatap langsung dengan pemrakasrsa dari dua perusahaan yang hadir di Batui, namun mereka kecewa karena tidak bisa bertatap langsung sehingga sebagian masyarakat memututskan meninggalkan ruangan rapat.

“Kita tolak tambang nikel hadir dibatui, ini saja pertemuan tidak jelas,” ujar Rusli.

Sementara itu, sebagian warga Batui melakukan aksi demonstrasi di hotel santika dan DPRD Kabupaten Banggai untuk menolak kehadiran tambang nikel didaerah mereka. Aksi mereka berlangsung damai dengan mendapatkan pengawalan dari pihak kepolisian Polres Banggai.

“Kita tolak kehadiran tambang nikel di batui, karena hanya akan memberikan dampak buruk bagi lingkungan, alam, dan kehidupan masyarakat adat batui itu sendiri,” ujar Sugianto Adjadar.

(mhr)

TULIS KOMENTAR

Alamat email anda aman dan tidak akan dipublikasikan.