Lapangan Kerja Menjadi Isu Krusial Kaum Milenial di Pilkada Banggai

Lapangan Kerja Menjadi Isu Krusial Kaum Milenial di Pilkada Banggai

Ilustrasi pelamar pekerjaan. Foto: Istimewa

Transsulawesi.com, Banggai -- Isu lapangan kerja dinilai menjadi isu yang sangat penting bagi kelompok milenial saat ini khususnya di Kabupaten Banggai. Oleh karena itu jaminan ketersediaan lapangan pekerjaan dari calon Bupati dan Wakil Bupati menjadi hal yang paling penting untuk disoroti pada pilkada Banggai 2020 tahun ini.

Menurut salah satu tokoh pemuda di Kecamatan Batui, Munawir mengatakan bahwa kebutuhan hidup kaum milenial saat ini cukup besar. Menurutnya, banyak angkatan kerja ex-pekerja konstruksi misalnya di Dapil 4, saat ini terpaksa bekerja serabutan untuk memenuhi kebutuhan hidup mereka masing-masing.

"Kebutuhan hidup rumah tangga ssat ini sangat besar. Nah ini yg jadi isu paling utama di anak-anak milenial," kata Munawir.

Menurut Munawir salah satu pokok materi yang perlu dikedepankan pada debat pilkada Banggai yakni Lapangan Kerja untuk masyarakat. Namun materi itu hampir tidak mencuat dipermukaan. Menurutnya, kesejahteraan juga menjadi hal yang tidak kalah penting bagi milenial. Kesejahteraan yang dimaksud yaitu terkait sudah terpenuhinya atau belum pendapatan mereka.

Selain isu tenaga kerja, isu ekonomi terutama soal stabilitas kebutuhan pokok juga menjadi isu yang disoroti milenial. Begitu juga dengan ekonomi kreatif yang perlu diperhatikan semua pihak.

"Yah kalau disuruh mandiri, kita harus punya peluang untuk berusaha mandiri atau tidak, ini yang pelu diperhatikan," tuturnya.

Tantangan saat ini bagi generasi milenial adalah angka pengangguran yang tinggi. Karena dari data BPS untuk usia 20-39 tahun jumlah pengangguran lebih dari 10 persen untuk skala nasional.

Oleh karena itu menurutnya, upaya meningkatkan kreatifitas dan poduktifitas serta menurunkan pengangguran menjadi pendorong akselerasi pembangunan daerah di tengah kelesuan ekonomi.

"Makanya isu-isu tentang lapangan kerja seharusnya di adopsi oleh calon Bupati dan Wakil Bupati di Banggai," jelasnya.

(mhr)

TULIS KOMENTAR

Alamat email anda aman dan tidak akan dipublikasikan.