Hilal Tak Tampak, Begitu Juga THR, dan Idulfitri Yang Ditetapkan Kamis 13

Hilal Tak Tampak, Begitu Juga THR, dan Idulfitri Yang Ditetapkan Kamis 13

Melihat hilal Bulan Ramadan. ©2013 Merdeka.com/arie basuki

Transsulawesi.com, Banggai -- Pemerintah melalui Kementerian Agama (Kemenag) memutuskan Hari Raya Idulfitri atau 1 Syawal 1442 Hijriah di Indonesia jatuh pada Kamis (13/5).

Kemenag mengambil keputusan tersebut berdasarkan hasil sidang Isbat penentuan awal Syawal 1442 H yang dipimpin langsung Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas, Selasa (11/5) petang.

Yaqut mengatakan sidang isbat berkesimpulan bahwa hilal tak teramati dari sejumlah lokasi pemantauan di wilayah Indonesia.

"1 Syawal 1442 Hijriah jatuh pada Kamis 13 Mei 2021," ujar Menag Yaqut membacakan hasil ketetapan sidang isbat di Kementerian Agama, Selasa (11/4) malam.

Kemenag sendiri telah menentukan 88 titik pemantau hilal 1 Syawal 1442 H di seluruh provinsi di Indonesia. Mereka berasal dari petugas Kanwil Kemenag yang bekerja sama dengan Pengadilan Agama, ormas Islam serta instansi terkait.

Yaqut bersama perwakilan dari Majelis Ulama Indonesia dan perwakilan dari Komisi VIII DPR turut hadir dalam sidang isbat ini. Hadir pula perwakilan dari ormas-ormas Islam yang ada di Indonesia.

Sama seperti sidang Isbat penentuan awal Ramadan 1442 H lalu, sidang isbat kali ini diawali dengan paparan posisi hilal awal 1 Syawal 1442 Hijriah oleh anggota Tim Falakiyah Kementerian Agama. Dalam paparannya, tim tidak melihat kemunculan hilal.

Kemudian pada tahap kedua sidang isbat digelar secara tertutup. Sidang ini hanya dihadiri secara terbatas secara fisik oleh perwakilan MUI, Komisi VIII DPR, Menteri dan Wakil Menteri Agama.

Penetapan 1 Syawal 1442 H memadukan dua metode. Yakni menggunakan perhitungan astronomi untuk menentukan posisi pasti hilal. Kemudian akan didapatkan prakiraan letak bulan baru dan dikonfirmasi dengan melihat hilal secara langsung (rukyat).

Dengan penetapan ini, umat Islam di Indonesia akan melakukan salat Idulfitri 1 Syawal 1442 H pada Kamis.

Keputusan pemerintah itu senada dengan keputusan dua ormas Islam terbesar di Indonesia yakni Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) dan Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah yang sama-sama sudah menetapkan 1 Ramadan 1442 Hijriah jatuh pada Kamis 13 Mei 2021.

Begitu Juga THR

Banyak dari netizen membuat guyonan lucu di sosmed dengan keluhan Tunjangan Hari Raya yang belum juga kelihatan. Namun yang terpenting adalah jangan lupa mengeluarkan zakat fitrah yah. Semoga dengan momen lebaran ini kita bisa dipertemukan dengan sank keluarga.

(ino)

TULIS KOMENTAR

Alamat email anda aman dan tidak akan dipublikasikan.