Gubernur dan Wagub Sulteng Positif Covid-19

Gubernur dan Wagub Sulteng Positif Covid-19

Gubernur Sulawesi Tengah (Sulteng) Longki Djanggola. Foto: Istimewa

Transsulawei.com, Banggai -- Gubernur Sulawesi Tengah (Sulteng) Longki Djanggola dan Wakil Gubernur Sulteng Rusli Baco Dg Palabbi terkonfirmasi positif virus corona (Covid-19).

"Gubernur dan wakilnya diketahui terinfeksi Covid-19 pada Selasa sore (5/11) setelah hasil pemeriksaan sampel tes usap PCR keduanya keluar," kata Pelaksanatugas Kepala Biro Humas Pemprov Sulteng Moh Haris Kariming, di Kota Palu, Kamis (7/1) dikutip dari Antara.

Haris mengatakan Longki dan Rusli melakukan tes swab PCR pada Senin (4/1) lalu. Mereka pun sempat tes antigen pada Selasa (5/1) pagi sembari menunggu hasil tes swab.

"Pada sore hari hasil tes usap PCR-nya keluar dan hasilnya positif Covid-19 dengan angka Cycle Threshold (CT) keduanya di atas 35," ujarnya.

Secara medis, kata Haris, sesuai penjelasan dokter ahli patologi menandakan bahwa virus tersebut sudah kurang aktif dan melemah. Oleh karena itu, virus kurang berisiko serta tingkat penularan kepada orang lain sangat kecil.

Haris mengatakan istri mereka berdua juga telah menjalani pemeriksaan PCR dan hasilnya negatif Covid-19.

"Pada kesempatan ini saya meminta kepada seluruh masyarakat Sulteng, mari kita bersama-sama mendoakan agar kondisi gubernur dan wakil gubernur segera pulih kembali seperti sedia kala, dengan hasil pemeriksaan PCR berikutnya negatif," katanya.

Wakil Gubernur Sulawesi Tengah (Sulteng) terpilih Rusli Baco Dg. Palabbi resmi dilantik oleh Presiden Joko Widodo, di Istana Negara, Senin (26/8). Rusli menjabat sebagai wakil gubernur Sulteng sisa masa jabatan 2016-2021.Rusli Baco Dg. Palabbi saat dilantik Presiden RI Joko Widodo jadi Wakil Gubernur Sulteng sisa masa jabatan 2016-2021, di Istana Negara, Jakarta, Senin (26/8). (CNNIndonesia/Feri Agus Setyawan)

Setelah dinyatakan positif Covid-19, Longki dan Rusli menjalankan roda pemerintahan dan bekerja dari rumah masing-masing.

"Gubernur dan wakil gubernur bekerja dari rumah menjalankan roda pemerintahan secara virtual. Ini untuk memastikan roda pemerintahan tetap berjalan," kata Haris.

Saat ini, kata Haris, kondisi mereka berdua sangat baik dan sehat setelah menjalani pemeriksaan medis. Keduanya menjalani isolasi mandiri di rumah dinas, Kota Palu.

"Keduanya dalam kondisi biasa dan sehat secara medis tanpa merasakan sakit atau keluhan apapun," ujarnya.

Longki dan Rusli menjalani isolasi mandiri hingga dinyatakan negatif Covid-19 berdasarkan hasil tes swab PCR.

(rdk)

 

TULIS KOMENTAR

Alamat email anda aman dan tidak akan dipublikasikan.