Dua Finalis Putri Indonesia Juga Tersangkut Prostitusi Online

Dua Finalis Putri Indonesia Juga Tersangkut Prostitusi Online

Ilustrasi; Aceh Images

Transsulawesi.com, Banggai -- Polda Jatim akan memanggil enam selebritas dalam lanjutan proses penyidikan kasus prostitusi online dengan tersangka muncikari Endang Suhartini alias Siska (37) dan Tentri Novanta (28).

Dua dari yang akan dipanggil itu disebutkan finalis kontes kecantikan Putri Indonesia. Polda Jatim mengusut prostitusi daring setelah pekan lalu kepolisian mengamankan dua selebritas: Vanessa Angel dan Avriellia Shaqqila. Hasilnya, Polda Jatim menemukan dugaan baru soal keterlibatan artis dan model lain. Rinciannya, 45 artis, dan 100 model.

"Yang dua artis sinetron di tv swasta. Yang dua finalis Puteri Indonesia, yang dua lagi artis FTV atau foto model," Kapolda Jatim Irjen Pol Luki Hermawan, Surabaya, Jumat (11/1).

Sementara itu, Yayasan Puteri Indonesia (YPI) mengklarifikasi bahwa dua finalis Puteri Indonesia yang diduga terlibat prostitusi online bukan bagian dari Yayasan Puteri Indonesia. Dua orang finalis Puteri Indonesia yang disebut-sebut terlibat dalam kegiatan prostitusi online adalah finalis dari Kalimantan Utara 2017, Fatya Ginanjarsari dan Finalis Jambi 2016 Maulia Lestari.

"Finalis Kalimantan Utara 2017, Fatya Ginanjarsari telah dipecat pada tahun 2018 lalu [...] Finalis Jambi 2016 Maulia Lestari telah berakhir masa kontraknya bulan Maret 2018," demikian diungkap Mega Angkasa, Ketua Bidang Komunikasi Yayasan Puteri Indonesia dalam siaran persnya, Minggu (12/1).

YPI beralasan Fatya sudah dipecat dari keanggotaan YPI pada 2018 karena melanggar kontrak finalis Puteri Indonesia dengan mengikuti ajang internasional tanpa izin. Sehingga ia tak diperkenankan untuk menggunakan atribut finalis Puteri Indonesia (PI) untuk kepentingan apapun.

Sementara Maulia tak lagi menjadi keluarga besar YPI karena sudah berakhir masa kontraknya. Dengan demikian ia tak diperkenankan lagi untuk menggunakan atribut finalis PI untuk kepentingan apapun.

YPI juga mengancam berhak untuk melakukan tindakan hukum terkait dengan pencemaran dan merugikan nama baik YPI.

Sebelumnya, Polda Jatim mengumumkan akan memanggil enam selebriti dalam lanjutan proses penyidikan kasus prostitusi online dengan tersangka muncikari Endang Suhartini alias Siska (37) dan Tentri Novanta (28).

Dua dari enam orang yang akan dipanggil itu merupakan finalis kontes kecantikan Putri Indonesia. Rencananya pemeriksaan pada enam selebriti itu dilakukan pekan depan guna memperkuat proses penyidikan para muncikari.

Polisi bakal menunggu respons enam perempuan tersebut untuk mengikuti pemeriksaan. Bila mereka tak hadir dalam dua kali pemanggilan, tak menutup kemungkinan kepolisian akan melakukan penjemputan paksa. (mhr)