DPRD Dituding Menghambat APBD 2019, Irwanto Kulap Buka Suara di Medsos

DPRD Dituding Menghambat APBD 2019, Irwanto Kulap Buka Suara di Medsos

Irwanto juga menmbahkan anggaran PABD seharusnya pada nilai keadilan dan pemerataan. (Foto: Facebook/Irwanto Kulap)

Transsulawesi.com, Banggai -- Desas-desus terhambatnya pengesahan Anggaran Pendapatan, dan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Banggai Tahun 2019 kian panas bergulir di antara kalangan eksekutif dan legislatif Banggai.

Muncul beberapa isu sepihak yang menuding bahwa anggota DPRD Kabupaten Banggai sengaja mengulur atau menghambat pengesahan anggaran untuk tahun 2019.

APBD yang merupakan rencana keuangan tahunan pemerintah daerah di Indonesia yang disetujui oleh Dewan Perwakilan Rakyat Daerah. APBD sendiri merupakan motor dari pembangunan yang sangat krusial untuk pembangunan di daerah.

Menanggapi isu yang kian kencang, Anggota Fraksi Partai Golkar DPRD Banggai, Irwanto Kulap, akhirnya buka suara di media sosial.

Menurutnya realisasi APBD 2019 merupakan urat nadi dalam rangka memberi rasa keadilan di bidang pembangunan maka harusnya pembagian kue pembangunanya seimbang di seluruh daerah di banggai yang terdiri dari 23 kecamatan.

Irwanto memberikan contoh pada dinas pekerjaan umum dan perumahan rakyat(PUPR). Pada dokumen RAPBD-nya 2019 terdapat belanja langsung sebesar 163 M lebih, dengan riancian 3 komponen belanja. Pegawai Rp693jt lebih, barang dan jasa Rp23 M, dan modal Rp139 M.

“Dari total belanja langsungnya sebesar yg saya sebut di atas maka saya telah menghitung unit rencana kegiatan anggarannya yang di distribusikan ke dapil hanya sebesar 16.5 M atau sebesar 10 persen.

“Dengan demikian maka 90% anggaran tersebut atau kurang lebih rp 147 M merata di 17 kecamatan?”

Irwanto juga menmbahkan anggaran PABD seharusnya pada nilai keadilan dan pemerataan.

“Sejatinya untuk memberikan rasa keadilan maka persetasi 25% untuk setiap daerah pemilihan (4 dapil) harusnya menjadi pertimbangan pemerintah daerah”. ujarnya.

Menurutnya, DPRD bukan menghambat pengesahan APBD 2019, tapi kami 35 anggota DPRD di bawa pimpinan Samsul Bahri Mang ingin menyeimbangkan pendistribusi anggaran 2019, agar dapat memberi rasa keadilan bagi seluruh rakyat Kabupaten Banggai. (mhr)

0 Komentar

TULIS KOMENTAR

Alamat email anda aman dan tidak akan dipublikasikan.