Diduga Mobil Petani di Tahan Humas PT Sawindo, Puluhan Petani Sambangi Kantor Polsek Batui

Diduga Mobil Petani di Tahan Humas PT Sawindo, Puluhan Petani Sambangi Kantor Polsek Batui

Puluhan petani plasma kebun sawit perusahaan PT Sawindo Cemerlang menyambangi kantor polsek kecamatan Batui, Senin (1/3/2021). Foto: Transsulawesi.com

Transsulawesi.com, Batui – Puluhan petani plasma kebun sawit perusahaan PT Sawindo Cemerlang menyambangi kantor polsek kecamatan Batui, menanyakan status kejelasan penahanan mobil pribadi milik petani di Batui saat sedang mengangkut hasil panen sawit plasma, Senin (1/3/2021).

Puluhan petani yang berasal dari desa Ondo-ondolu SPA ini menanyakan terkait penahanan mobil mereka yang telah dilakukan oleh humas PT Sawindo Cemerlang saat mengangkut hasil sawit plasma mereka.

Menurut mereka telah dilakukan penahanan mobil saat sedang mengangkut hasil sawit. Saat itu sebanyak 2 buah mobil mereka di tahan oleh humas PT Sawindo Cemerlang trus dibawa ke kantor polsek Batui.

“Mobil saya ditahan di jalan trus dibawa ke kantor polsek batui mas, kuncinya juga di ambil,” ujar Arif pemilik mobil.

Saat menyambangi kantor polsek Batui untuk mendapatkan keterangan, Kapolsek Batui Iptu IK. Yoga Widata SH menjelaskan bahwa dalam 1x24 jam jika pihak pihak perusahaan sawit tidak melakukan laporan, petani silahkan mengambil mobil tersebut yang saat ini berada di kantor polsek Batui.

“1x24 jam jika tiak ada laporan, bapak-bapak bisa ambil mobilnya,” ujar Kapolsek Batui Iptu IK. Yoga Widata SH.

Dalam pertemuan tersebut, Kapolsek Batui Iptu IK. Yoga Widata SH bisa meredam ketegangan antara petani plasma dengan pihak perusahaan yang kini kian bersitegang.

Dalam arahannya Kapolsek Batui Iptu IK. Yoga Widata SH memberikan solusi jika petani plasma di Batui sebaiknya menunggu dengan sabar langkah dari DPRD Banggai, Dinas Terkait dan Bupati Banggai terkait persoalan lahan dan pembagian hasil plasma antara petani di Batui dan Perusahaan sawit PT Sawindo Cemerlang, trus kemudian mengambil langkah selanjutnya dengan harapan bisa menemui jalan keluar yang baik.

(mhr)

TULIS KOMENTAR

Alamat email anda aman dan tidak akan dipublikasikan.