Banggai Raih WTP Tujuh Kali Berturut, Herwin: Program KUR Harus Tepat Sasaran

Banggai Raih WTP Tujuh Kali Berturut, Herwin: Program KUR Harus Tepat Sasaran

Bupati Banggai, DR (Cand) Ir. H. Herwin Yatim, MM, menerima Piagam Penghargaan Wajar tanpa Pengecualian (WTP) tahun 2018 dan plakat capaian WTP 5 kali berturut-turut Pemkab Banggai. (Foto: istimewa)

Transsulawesi.com, Banggai -- Bupati Banggai, DR (Cand) Ir. H. Herwin Yatim, MM, mengatakan kedepannya peran Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Banggai harus dipertegaskan dalam rangka penyaluran Kredit Usaha Rakyat (KUR), Permodalan Nasional Mandiri (PNM), dan kredit usaha mikro lainnya.

Hal ini diungkapkannya saat memberikan sambutan pada kegiatan penyerahan Piagam Penghargaan Wajar tanpa Pengecualian (WTP) tahun 2018 dan plakat capaian WTP 5 kali berturut-turut Pemkab Banggai, Senin (07/10), di Ruang Rapat Umum Setdakab Banggai, Kantor Bupati Banggai, Kelurahan Tombang Permai, Kecamatan Luwuk Selatan.

Herwin menyampaikan seharusnya dengan program KUR yang digelontorkan pemerintah pusat yang dikelola Bank BUMN bisa mendorong turunnya angka kemiskinan di Kabupaten Banggai.

"Angka kemiskinan Kabupaten Banggai sudah turun di bawah 9 persen. Namun, besarnya KUR yang disalurkan oleh Bank BUMN yang ada di Kabupaten Banggai tidak bisa mendorong penurunan angka kemiskinan. Yang jadi pertanyaannya, kemana dan siapa yang menerima KUR tersebut?," tegasnya.

Herwin menuturkan hal tersebut diakibatkan tidak adanya koordinasi pihak penyalur KUR ke Pemda.

"Perbankan jalan sendiri dan Pemda tidak di libatkan. Untuk itu kami berharap melalui Kakanwil Dirjen Perbendaharaan Wilayah Sulteng agar perbankan BUMN ditekankan untuk bekerjasama dengan Pemda. Hal ini agar tujuan mendasar dari program KUR itu tepat sasaran dan bersentuhan langsung dengan yang berhak menerima," tegasnya lagi.

Tak hanya itu, Herwin juga menekankan ke seluruh OPD pengelola PAD agar bekerja dengan sungguh-sungguh dalam meningkatkan PAD dan pencapaian target.

"Salah satu solusinya dengan menerapkan sistem IT disemua sektor PAD, agar  mempermudah mekanisme kontrol dan mengurangi transaksi langsung antara pengelola PAD dan konsumen," tuturnya.

Sebelum menutup sambutannya, Herwin tak lupa menyampaikan apresiasinya kepada seluruh stakeholder yang telah berperan atas Pencapaian predikat WTP Kabupaten Banggai 7 kali berturut turut.

"Sebagai pimpinan daerah saya sangat mengapresiasi pencapaian ini. Terima kasih atas peran serta seluruh stakeholder dalam pencapaian WTP hingga 7 kali berturut-turut," tandasnya.

Pemkab Banggai berhasil meraih predikat WTP tujuh tahun berturut-turut. penyerahan Piagam Penghargaan Wajar tanpa Pengecualian (WTP) tahun 2018 dan plakat capaian WTP 5 kali berturut-turut Pemkab Banggai diserahkan oleh Kakanwil Dirjen Perbendaharaan Provinsi Sulteng, Ampri, AK, MA, P.hd, kepada Bupati Banggai.

Dalam kesempatan ini, Kakanwil Dirjen Perbendaharaan Prov Sulteng, Irfa Ampri, mengungkapkan bahwa pencapaian Kabupaten Banggai 7 kali  predikat WTP berturut-turut merupakan prestasi dan pencapaian yang membanggakan.

"Mewakili Kementerian Keuangan kami mengapresiasi pencapaian yang diraih Kabupaten Banggai," ungkapnya.

Irfa menambahkan ada beberapa program dari Kementerian Keuangan yang harus dimanfaatkan sebaik-baiknya oleh daerah, khusunya Kabupaten Banggai. Antara lain pembinaan dan bimbingan tekhnis terkait pinjaman, KUR.

"Pemerintah pusat telah mengalokasikan anggaran untuk pembiayaan KUR di beberapa Bank BUMN. Olehnya itu daerah diharapkan bisa mengkonsolidasikan dan mensinkronkan Program KUR ini dengan database kelompok Usaha Mikro dan Menengah ke bawah. Agar tujuan dari program pemerintah melalui KUR dapat tersalurkan secara efektif dan tepat sasaran," ujarnya.

Tak hanya itu, ia juga berharap Pemda untuk selalu mendorong pertumbuhan ekonomi daerah dengan optimal.

"Kami berharap pemda untuk selalu mendorong ekspor, mendorong pertumbuhan ekonomi, dan mampu mengelola penerimaan PAD dengan Optimal," tutupnya.

Sementara itu, Kepala BPKAD Banggai, Marsidin Ribangka, menambahkan predikat WTP bukan hanya sekedar prestasi. Melainkan upaya memberikan pelayanan terbaik melalui pengelolaan keuangan daerah yang akuntabel.

"Kedepan diharapkan dapat menjadi refleksi pengelolaan keuangan yang transparan serta menjadi alat pengambilan keputusan di tahun-tahun mendatang," pungkasnya.

penyerahan Piagam Penghargaan Wajar tanpa Pengecualian (WTP) tahun 2018 dan plakat capaian WTP 5 kali berturut-turut Pemkab Banggai turut dihadiri Ketua DPRD Banggai, Suprapto; Sekkab Banggai, Ir. Abdullah Ali, M.Si; Kepala KPPN Luwuk, Abu Said Maha; Kepala OPD dan Para Kabag. (dewi/arf)

TULIS KOMENTAR

Alamat email anda aman dan tidak akan dipublikasikan.