Viral Salam Dua Jari, Pemda Banggai Klarifikasi

Viral Salam Dua Jari, Pemda Banggai Klarifikasi

Beredar foto Pemerintahan Daerah Kabupaten Banggai bersama Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pudjiastuti yang sedang mengacungkan dua jari menjadi topik hangat yang diperbincangkan. (Foto: Banggaikab.go.id)

Transsulawesi.com, Banggai – Beredar foto Pemerintahan Daerah Kabupaten Banggai bersama Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pudjiastuti yang sedang mengacungkan dua jari menjadi topik hangat yang diperbincangkan.

Seperti baru-baru ini, foto tersebut menjadi persoalan baru dimana di politisasi sebagian orang sebagai bentuk dukungan terhadap salah satu calon pada pemilihan pilpres 2019 ini.

Kabag Humas dan Protokol Setdakab Banggai, Hasran Husin, mengatakan bahwa foto tersebut diambil pada tanggal 2 Mei 2018, pada saat Menteri Susi, menghadiri kegiatan upacara peringatan Hari Pendidikan Nasional, dalam rangkaian kunjungan kerja di Kabupaten Banggai, sejak tanggal 31 April hingga 2 Mei 2018.

“Perlu kami klarifikasi bahwa simbol jari membentuk huruf ‘L’, yang diacungkan oleh Pak Bupati, bersama Ibu Menteri Susi, dan pejabat lainnya  dalam salah satu foto, yang dirilis oleh Bagian Humas dan Protokol, adalah merupakan simbol dari Kota Luwuk, sebagai Ibukota Kabupaten Banggai,”.

Hasran mengatakan bahwa penetapan pasangan calon presiden untuk Pilpres 2019, baru dilakukan oleh KPU RI, pada tanggal 20 September 2018, dilanjutkan dengan pengundian nomor urut sehari sesudahnya, yakni 21 September 2018, di Kantor KPU RI.

“Foto itu diambil pada hari Rabu, tanggal 2 Mei 2018, saat Ibu Menteri menghadiri upacara peringatan Hardiknas, di Alun-alun Lapangan Bumi Mutiara Luwuk, yang juga dihadiri oleh ASN Kabupaten Banggai,” tambahnya.

"Kehadiran Ibu Menteri di Kota Luwuk sendiri, dalam rangka rangkaian kunjungan kerja, sejak hari Senin tanggal 31 April 2018. Sehari sebelumnya, yakni pada hari Selasa, 1 Mei 2018, Ibu Menteri bertemu dengan sejumlah nelayan Banggai, dalam rangka dialog yang dipusatkan di pantai wisata Kilo Lima, Luwuk Selatan,” pernyataan dari Kabag Humas dan Protokol, Hasran Husin, dalam rilis resminya, Rabu (20/2/2019).

Hasran Husin, juga menegaskan bahwa, foto tersebut, jelas bukan merupakan bentuk dukungan kepada salah satu paslon capres-cawapres pada pilpres tanggal 17 April mendatang.

Foto tersebut sempat viral di medsos, dimana Susi berfoto sambil menunjukkan jari telunjuk dan ibu jari, yang selama ini digunakan pendukung Prabowo-Sandiaga.

Dalam unggahan itu, pengguna Instagram @2019prabowopresiden menarasikan seolah-olah Susi mendukung Prabowo-Sandiaga.

Seorang pengguna Twitter kemudian meng-capture unggahan itu dan menyertai mention ke akun Twitter Susi Pudjiastuti, @susipudjiastuti.

Pendiri maskapai perintis Susi Air ini membantah bahwa salam jari itu merupakan dukungan politik kepada salah satu capres.

"Ini adalah foto tanggal 16 Mei 2018, di Luwuk (Sulawesi Tengah). Itu salamnya Pandu Laut, organisasi pencinta, penjaga, perawat laut," ujar Susi dikutip dari Kompas.com, Minggu (17/2/2019).

"Ada 200 komunitas pencinta laut, penyelam, kayaker, dan lainnya," ujar Susi. (mhr)