Sosialisasi Toleransi dan Kerukunan Beragama, Koramil 1308 - 03/Batui Ingatkan Persatuan

Sosialisasi Toleransi dan Kerukunan Beragama, Koramil 1308 - 03/Batui Ingatkan Persatuan

Danramil juga mengajak kepada seluruh elemen masyarakat sekecamatan batui untuk terus menjaga kerukunan "ukhuwah Islamiyah" dan "ukhuwah wathoniyah". (Foto: Istimewa)

Transsulawesi.com, Batui -- Badan Kesatuan Bangsa dan Politik menggelar kegiatan penyuluhan kerukunan antar umat beragama di Kecamatan Batui, Kabupaten Banggai, Rabu, (19/8/2018). Acara yang berlangsung di Balai Pertemuan umum (BPU) itu bertemakan “Sosialisasi penyuluhan peningkatan toleransi dan kerukunan dalam kehidupan beragama”.

Acara tersebut dihadiri olek Faisal Karim Camat Batui, Mukhri Wakil Ketua FKUB Banggai, Bunyamin mewakil Kaban Kesbangpol Banggai, Iptu Sudirman Wakapolsek Batui yang mewakil Kapolsek Batui, Srk Ariyanto mewakili Danramil 1308 - 03/Batui, Para Lurah & Kades Se-Kec. Batui serta Tokoh agama dan tokoh masyarakat se-kecamatan Batui yang dihadiri sekitar 100 orang.

Serka Arianto (Babinsa Koramil 1308 - 03/Batui) mewakili Danramil 1308 - 03/Batui Kapten Inf. Herman B,mengatakan bahwa kegiatan sosialisasi peningkatan toleransi kerukunan dalam kehidupan beragama bertujuan guna mengingatkan masyarakat untuk terus menjaga persatuan dan kesatuan di beberapa wilayah yang ada di Kecamatan Batui.

“Dalam waktu dekat ini akan dilaksanakan pemilihan legislatif dan pemilu presiden, jangan sampai di dalam pelaksanan saling memojokan satu sama lainnya atau terputusnya hubungan harmonis terhadap kerukunan kita dalam kehidupan beragama”.

Danramil juga berpesan agar bijak dalam menggunakan media sosial dimomen menjelang pilpres 2019.

"Ada yang saling bersikut di media sosial, saling mencela, saling mencemooh, saling menjelekkan, saling fitnah, saling menebar kabar-kabar yang tidak benar, kabar bohong dan yang itu sangat dilarang oleh agama kita," kata Danramil Herman B saat berada Kantor Makodim yang sedang sibuk dan bersiap  menerima kunjungan kerja Danrem 132/Tadulako di Luwuk.

Menurut Danramil, jika dalam menjalankan toleransi dan kerukunan beragama kita tidak laksanakan dengan sebaik-baiknyanya, maka kelaknya akan terjadi keributan maupun pertikaian yang  akan menjadikan berkonflik, dan hal ini hanya menghasilkan kesengsaraan bagi masyarakat, khususnya kepada  anak-anak muda sebagai penerus perjuangan bangsa dan agama.

Danramil juga mengajak kepada seluruh elemen masyarakat sekecamatan batui untuk terus menjaga kerukunan "ukhuwah Islamiyah" dan "ukhuwah wathoniyah".

Kapten Inf Herman B mengatakan kerukunan persaudaraan dapat membangun perekonomian, kesejahteraan, serta memakmurkan rakyat.

“Inilah tugas kita semua baik ulama, umara, marilah kita semuanya untuk menjaga agar Kabupaten Banggai selalu sejuk, aman, damai, kondusif dan tidak ada konflik-konflik sekecil apapun, hindari permasalahan dan jangan sampai ada yang terprovokasi dalam mengadapi tahun politik”.

“marilah kita bersatu saling menjaga kerukunan dan toleransi umat beragama sehingga pembangunan kesejahteraan dan kemakmuran masyarakat kita ini terus dapat kita tingkatkan". (sam)

0 Komentar

TULIS KOMENTAR

Alamat email anda aman dan tidak akan dipublikasikan.