PLN Akan Kembali Suplai Listrik Palu Malam Ini

PLN Akan Kembali Suplai Listrik Palu Malam Ini

Kondisi Kota Palu yang minim penerangan akibat padamnya listrik (ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja)

Transsulawesi, Palu -- Setelah menerjunkan personel gabungan, PT PLN (Persero) mengabarkan mereka telah berhasil memperbaiki Pembangkit Listrik Tenaga Diesel (PLTD) Silae, Palu, Sulawesi Tengah. PLN menargetkan suplai listrik dapat mengaliri kembali Palu pada Minggu (30/9) malam ini.

"Alhamdulillah kami telah berhasil memperbaiki 3 unit PLTD Silae dengan kapasitas total 3,9 MW, kami upayakan daya tersebut malam ini sudah bisa tersalurkan kemasyarakat," ujar Direktur Bisnis Regional PLN Sulawesi Syamsul Huda dalam keterangan tertulis.

Kendati demikian, PLN tidak bisa langsung mengaliri listrik tersebut ke masyarakat Palu. Masih perlu pengujian dari tim PLN sebelum aliran listrik kembali dinyalakan.

Personel gabungan yang dikirim oleh PLN Sulawesi ini berjumlah 150 orang. Mereka ditugasi untuk memperbaiki rangkaian infrastruktur kelistrikan mulai dari pembangkitan, transmisi, gardu induk, jaringan tegangan menengah/rendah, hingga sambungan ke pelanggan.

Pada tahap berikutnya, PLN juga menugaskan personel tambahan lainnya untuk memperbaiki jaringan listrik yang terputus di Palu, Donggala, dan sekitarnya. Tim kedua ini akan membawa tambahan genset dan alat berat untuk menambah suplai listrik malam ini juga.

"Kami berupaya maksimal agar kondisi kelistrikan Palu malam ini mulai pulih secara bertahap" imbuh Syamsul.

Sementara untuk tempat-tempat penanganan bencana seperti rumah sakit dan posko yang tersebar di medan, PLN bersiap menambah jumlah mobile genset.

Setidaknya ada 10 mobile genset yang sedang mereka berdayakan dari Manado menuju Palu dan Donggala. Untuk saat ini PLN sudah mengerahkan 12 mobile genset untuk menerangi posko dan rumah sakit di lokasi bencana.

Tak hanya itu, PLN melalui anak perusahaannya Icon+ juga berhasil menghidupi koneksi internet di wilayah Talise. Setidaknya ada 6 akses poin dengan bandwidth 50 Mbps yang mereka sediakan untuk memperlancar komunikasi warga setempat. 

CNN Indonesia

0 Komentar

TULIS KOMENTAR

Alamat email anda aman dan tidak akan dipublikasikan.