Peringati Hari K3 Nasional, DSLNG Pastikan Keselamatan dan Kesehatan Pekerjanya

Peringati Hari K3 Nasional, DSLNG Pastikan Keselamatan dan Kesehatan Pekerjanya

Direktur Korporasi DSLNG Erita Yohan membacakan sambutan Menteri Ketenagakerjaan RI saat menjadi inspektur upacara peringatan Hari K3 Nasional di Kilang LNG Donggi-Senoro. (Foto: DSLNG)

Transsulawesi.com, Batui -- Direktur Urusan Korporasi DSLNG Erita Yohan sebagai inspektur upacara membacakan sambutan Menteri Tenaga Kerja RI Ida Fauziyah mengatakan, Peringatan Hari K3 Nasional Tahun 2020 merupakan momentum strategis bersejarah mengingat Undang-Undang Nomor 1 Tahun 1970 tentang Keselamatan Kerja telah mencapai 50 tahun.

Undang-Undang ini menghadapi tantangan-tantangan baru dalam dunia ketenagakerjaan, salah satunya adalah revolusi industri 4.0 yang ditandai dengan adanya inovasi, otomatisasi, super komputer, kecerdasan buatan, dan fleksibilitas pola kerja yang telah membawa perubahan ekonomi berbasis digital.

Penerapan K3 pada revolusi industri 4.0 masih menghadapi banyak tantangan, salah satunya adalah kesiapan tenaga kerja Indonesia dalam menghadapi digitalisasi. Perubahan tersebut akan menimbulkan hilangnya beberapa jenis pekerjaan dan memunculkan jenis-jenis pekerjaan baru dengan pendekatan digital dan teknologi informasi. Oleh karena itu diperlukan strategi pengendalian yang lebih efektif, efisien, serta inovatif dalam mencegah terjadinya kecelakaan kerja dan penyakit akibat kerja.

“Situasi ini tentu meniscayakan kewaspadaan kita akan pentingnya mengantisipasi potensi problem K3 baru, sembari terus memastikan agar pekerjaan yang bersifat manual tetap terlindungi keselamatan dan kesehatan kerjanya,” katanya mengingatkan.

DSLNG selama setahun terakhir selain mampu mempertahankan capaian keselamatan dan kesehatan kerja yang diakui dengan memperoleh penghargaan Patra Nirbhaya Karya Utama, juga mampu mempertahankan kinerja lingkungan hidup yang baik dengan capaian Peringkat Biru penilaian PROPER dari Pemerintah.

Dalam kesempatan ini, Manajemen DSLNG memberikan apresiasi atas pencapaian kinerja keselamatan dan kesehatan kerja kepada mitra bisnis di lingkungan Kilang DSLNG. Penghargaan diserahkan langsung oleh direksi DSLNG serta Koordinator Pengawas Ketenagakerjaan Wilayah II, Disnakertrans Provinsi Sulawesi Tengah, Jein Akumo.

Untuk memperingati Bulan K3 kali ini, DSLNG mengadakan serangkaian kegiatan di lingkungan kerja. Selain upacara peringatan Hari K3, DSLNG juga mengadakan donor darah, lomba pembuatan video K3, serta sejumlah kegiatan lain, yang tujuannya meningkatkan kesadaran para pekerja tentang pentingnya budaya K3 sebagai kunci utama menjadi perusahaan penyedia LNG yang aman dan handal. (adv)

TULIS KOMENTAR

Alamat email anda aman dan tidak akan dipublikasikan.