Pemekaran Batui Toili Tersandung Penetapan Ibu Kota

Pemekaran Batui Toili Tersandung Penetapan Ibu Kota

FPTR saat menyampaikan pernyataan soal penolakan ibukota Kabupaten Batol di Batui. (Foto: Agus/Luwuk Post)

Transsulawesi.com, Banggai – Langkah pemekaran menuju Kabupaten Banggai Toili (Batol) tersandung dengan penetapan letak ibu kota kabupaten. Penolakan tersebut berasal dari Front Pemuda Toili Raya  (FPTR) yang menolak letak ibu kota di Batui.

FPTR beralasan bahwa penetapan ibukota seharusnya dilakukan dalam musyawarah terbuka antara elemen masyarakat di lima kecamatan.

Ketua FPTR Armin mengatakan bahwa penetapan ibu kota tidak dilakukan secara sepihak. Ia menganjurkan agar dilakukan secara terbuka dimasyarakat lima kecamatan yang masuk dalam Batol.

“Bukan ditetapkan secara sepihak,” Ujar Amir dikutip dari Luwuk Post.

Langkah awal untuk pemekaran Batol sebenarnya sudah terbuka disaat usulan Batol disetujui oleh DPRD dan Bupati Banggai Herwin yatim.

FPTR juga menambahkan bahwa Kecamatan Toili layak menjadi ibukota kabupaten karena terletak di antara Kecamatan Batui dan Toili Barat. Kecamatan Toili memiliki wilayah yang sangat luas, di luar areal persawahan yang bisa dijadikan areal perkantoran. Ini juga didukung dengan sumber daya manusia (SDM) dan sumber daya alam (SDA) yang melimpah.

Namun, jika tetap ada pemaksaan ibukota Kabupaten Batol di Batui, maka sebagai masyarakat di dataran Toili menyatakan tidak bergabung.

“Kami memilih untuk menunggu kran moratorium pemekaran daerah dicabut oleh pemerintah pusat,” kata Armin. Setelah itu, diupayakan pemekaran kecamatan baru yakni Kecamatan Toili Tengah Toili Utara. Dengan demikian syarat minimal lima kecamatan untuk syarat pemekaran kabupaten terpenuhi.

Masyarakat Toili lebih baik mendirikan Kabupaten Toili Raya tanpa ada Kecamatan Batui di dalamnya. Sebab, secara otomatis Toili akan menjadi ibukota.

“Ini dilakukan agar tidak ada lagi perdebatan masalah letak ibukota, karena rentan gesekan di tengah masyarakat,” paparnya.  (sam)

0 Komentar

TULIS KOMENTAR

Alamat email anda aman dan tidak akan dipublikasikan.