Pemda Banggai Resmikan Kampung Pelangi Binaan JOB Tomori

Pemda Banggai Resmikan Kampung Pelangi Binaan JOB Tomori

Kampung Pelangi, Desa Sinorang Kabupaten Banggai. (Foto: JOB Tomori)

Transsulawesi.com, Batui Selatan – Pemerintah daerah Kabupaten Banggai melalui Dinas Pariwisata meresmikan kampung pelangi di Desa Sinorang, Kecamatan Selatan, Kabupaten Banggai, Minggu (1/12/2019).

Penataan kampung pelangi Sinorang indah tidak terlepas dari inisiasi JOB Pertamina-Medco E&P Tomori Sulawesi (JOB Tomori) yang selama ini mendedikasikan perhatiannya kepada masyarakat setempat sehingga berhasil menyulap desa kampung Bajo, di Sinorang, menjadi perkampungan kreatif dengan cat warna-warni sehingga lebih menarik.  

Perubahan kreatif pada Kampung Pelangi di Sinorang ini menjadi perkampungan yang menarik untuk dijadikan sebagai destinasi wisata, terutama bagi masyarakat lokal yang hendak berwisata.

Area administrasi Section Head JOB Tomori, Yusrizal Djamaludin menjelaskan bahwa kampung pelangi telah di inisiasi oleh JOB Tomori jauh hari yaitu bagaimana bisa menata kampung pelangi sehingga bisa berdampingan dengan wisata pantai desa Sinorang.

“Kegiatan wisata kampung pelangi jauh sebelumnya telah di inisiasi oleh JOB Tomori, melalui program CSR-nya. Kita dalam hal ini menyatukan wisata pantai dengan kampung pelangi ini,” ujar Yusrizal.

Selain menata baik kampung pelangi, jauh sebelumnya JOB Tomori telah melakukan beberapa program CSR di Sinorang yakni Rumah Pemberdayaan Ibu dan Anak (RPIA), Unit Usaha Herbal yang disatukan dalam kelompok Kalisbata, usaha kerajinan batok kelapa, dan Rumah Pemberdayaan Siboli.

Dengan adanya kampung pelangi ini, diharapkan kedepannya terwujudnya peningkatan produktifitas masyarakat di kampugn Pelangi.

“Alhamdulillah semua kita telah jalani, pada saat ini kampung pelangi Sinorang berkat partisipasi masyarakat, kampung ini tertata dengan baik. Harapan kami agar masyarkat menjaga kampung ini dengan baik terutama kebersihan,” tambahnya.

Pada kesempatan yang sama, Dinas Pariwisata yang diwakilkan oleh Subrata Kalape mengatakan bahwa banyak hal yang bisa ambil dari kampung pelangi sehingga bisa dikembangkan kedepannya. Menurutnya beberapa hal yang perlu ditata baik, yakni sarana dan prasarana, serta dukungan dari masyarakat.

Wisata kampung pelangi merupakan tempat wisata baru di Kabupaten Bnaggai yang terletak di desa Sinorang. Lokasi perkampungan in tidak jauh dari Kota Luwuk, sekitar 2 jam perjalanan masyarakat bisa sampai ditempat ini.

Tempat ini menjadi alternatif untuk wisata pada akhir pekan dengan mengikuti perkembangan trend wisatawan saat ini yakni wisata foto, kampung pelangi menjadi wisata menarik yang mengusung kampung warna-warni. (mhr)

TULIS KOMENTAR

Alamat email anda aman dan tidak akan dipublikasikan.