Pemda Banggai Absen Pada Rapat Pembahasan APBD, Siapa Yang Menghambat?

Pemda Banggai Absen Pada Rapat Pembahasan APBD, Siapa Yang Menghambat?

Ketua DPRD Banggai, Samsulbahri Mang mengatakan bahwa walaupun rapat tidak dihadiri oleh Pemda Banggai, namun DPRD tetap melaksanakan tugasnya yang melakukan pembahasan APBD 2019. (Foto: Luwuk Post)

Transsulawesi.com, Banggai -- Rapat lanjutan pembahasan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) tahun anggaran 2019 kembali tidak dihadiri oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Banggai. Terhitung masuk pada hari kedua, Pemda Banggai tak kunjung datang dalam pembahasan rapat anggaran ABPD 2019 bersama DPRD di kantor perwakilan rakyat teluk lalong.

Pembahasan ABPD antara Pemda dan DPRD Banggai kian memanas pada akhir tahun 2018, dimana pengesahan APBD untuk tahun anggaran 2019 sempat molor dari waktunya. Masalah tersebut kian berlarut hingga saat ini, dimana dua penyelenggaran pemerintahan tersebut tak menemui ujung temunya.

Menanggapi sikap Pemda Banggai yang enggan hadir dalam pembahasan APBD 2019, Irwanto Kulap anggota Fraksi Partai Golkar Banggai melempar balik tudingan selama ini yang ditujuan beberapa pihak kepada DPRD Banggai.

“Inilah sebuah potret, bahwa perlu di perjelas kepada masyarakat keterlambatan pembahasan anggaran APBD tahun 2019 bukan dilakukan oleh DPRD Banggai,” Ujar Irwanto saat rapat berlangsung, Senin, (7/1/2019).

Ketua DPRD Banggai, Samsulbahri Mang mengatakan bahwa walaupun rapat tidak dihadiri oleh Pemda Banggai, namun DPRD tetap melaksanakan tugasnya yang melakukan pembahasan APBD 2019.

“Pembahasan APBD 2019 tetap kita laksanakan walau tidak dihadiri, dan konsep ini akan kita serahkan kepada Gubernur Sulawesi Tengah,” ujarnya.

Samsulbahri Mang menunjukkan sikap bijaksananya dengan tetap melakukan rapat tahapan pembahasan APBD 2019 walaupun tidak dihadiri oleh Pemda Banggai.

“Kita tetap melaksanakan rapat pembahasan APBD, mau dihadiri atau tidak bukan persoalan,” ujarnya. (mhr)