Pasien RSUD Undata Palu Dirawat di Halaman Terbuka Akibat Gempa

Pasien RSUD Undata Palu Dirawat di Halaman Terbuka Akibat Gempa

Ratusan pasien RSUD Undata, Palu, Sulawesi Tengah terpaksa harus dirawat di halaman depan Instalasi Gawat Darurat (IGD) untuk mengantisipasi gempa susulan yang masih terus terjadi hingga saat ini. (Foto: Twitter/@Sutopo_PN)

Transsulawesi.com, Palu -- Ratusan pasien RSUD Undata, Palu, Sulawesi Tengah terpaksa harus dirawat di halaman depan Instalasi Gawat Darurat (IGD) untuk mengantisipasi gempa susulan yang masih terus terjadi hingga saat ini.

Dalam foto yang dibagikan Kepala Humas BNPB, Sutopo Purwo Nugroho dalam akun Twitternya, terlihat beberapa pasien terbaring lemas lengkap dengan peralatan medis infus serta ditemani oleh keluarga dan kerabat.

Sebagian ada yang mendapatkan fasilitas kasur, sebagian lagi tergeletak dengan alas seadanya dengan selimut.

Mereka seakan tak menghiraukan rasa sakit yang diderita, yang terpenting bagaimana masih diberikan keselamatan di tengah kondisi mencekam akibat gempa susulan yang terus melanda.

"Kondisi pasien dirawat di depan IGD Undata, Palu pagi ini untuk mengantisipasi gempa susulan," tulis Sutopo, Sabtu (29/9).

Ia juga menulis bahwa tim Kemenkes telah bergerak ke Palu bersama tim medis Dinas Kesehatan Sulawesi Barat dan Sulawesi Selatan.

Gempa dengan kekuatan 7,7 magnitudo melanda Donggala, sekitar pukul 17.02 WIB membuat banyak warga kota Palu yang berlarian ke jalan.

Dari beberapa video yang beredar, banyak warga kota Palu yang mengungsi ke dataran yang lebih tinggi karena takut akan terjadi Tsunami susulan.

Sementara berdasarkan data sementara yang diterima, korban jiwa satu orang meninggal dunia, 10 orang luka-luka, kerugian materil masih dalam pendataan. (zul)

0 Komentar

TULIS KOMENTAR

Alamat email anda aman dan tidak akan dipublikasikan.