Nasdem Yang Sedang Tak Adem Ayem

Nasdem Yang Sedang Tak Adem Ayem

Batia Sisilia Hadjar Ketua DPD Partai NasDem Kabupaten Banggai. (Foto: Nasdem)

Transsulawesi.com, Banggai – Pada penghujung tahun ini, genderang perang untuk pilkada 2020 telah ditabur. Masing-masing calon kepala daerah Banggai pada pilkada 2020 telah kelihatan batang hidungnya dengan terang untuk bertarung di altar pilkada tahun depan.

Dari beberapa calon yang terlihat getol saat ini, Ir. H. Amirudin Tamoreka (AT) merupakan salah satu yang menonjol dipermukaan. Sosok pengusaha sukses dari daerah Kecamatan Moilong ini terlihat kian serius dengan mendaftarkan dirinya pada penjaringan calon kepala daerah di beberapa partai.

Namun Amirudin Tamoreka menemui ganjalan yang menghambat langkahnya untuk bertarung pada pilkada Banggai 2020. Pasalnya santer isu bahwa rekomendasi partai Nasdem yang digadang-gadangkan mendarat mulus ditangannya menemui kendala dengan isu terjadinya perpecahan di dalam tubuh partai Nasdem Kabupaten Banggai.

Isu tersebut bukan hanya isapan jempol semata, karena belum lama ini Amirudin Tamoreka hanya menemukan kantor kosong saat dirinya bertandang ke sekretariat Nasdem Banggai, Senin (23/12/2019) lalu. Tidak adanya pengurus partai yang hadir pada kunjungan itu, seakan membenarkan isu keretakan politisi-politisi Nasdem.

Tanpa tunggu lama, isu ini kemudian menjadi bola liar dengan munculnya opini bahwa Amirudin Tamoreka akan mengambil alih kepemimpinan partai Nasdem Kabupaten Banggai dari tangan wanita tangguh Batia Sisilia Hadjar setelah kejadian yang tidak mengenakkan saat berkunjung ke kantor Sekretaria Partai Nadem Banggai. Alasannya cukup sederhana, yakni Amirudin Tamoreka mempunyai kedudukan kuat juga di partai Nasdem Sulteng yaitu sebagai Ketua Dewan Pertimbangan Wilayah Partai Nasdem Sulteng.

Hal berikutnya yaitu Helton Abd. Hamid merupakan salah satu anggota partai Nasdem yang kini menjabat sebagai anggota DPRD Kabupaten Banggai dari partai Nasdem dengan perolehan suara yang cukup signifikan. Selain dari dua hal yang termaktub diatas, keluarga Amir mempunyai cost politik yang cukup gendut.

Namun, perlu jernih dalam melihat pada persoalan ini, pasalnya Batia Sisilia Hadjar Ketua DPD Partai NasDem Kabupaten Banggai saat ini juga telah mampu mengangkat marwah partai. Dibalik sosoknya, Batia merupakan wanita tangguh dengan jiwa kepedulian yang tinggi.   

Tidak hanya itu, Batia terlihat harmonis saat membangun partai Nasdem bersama sang suami Djemmy Najoan yang sering mendampingi dan mensupport kegiatan politik Batia. Djemmy diketahui merupakan seorang pengusaha sukses yang telah lama dikenal masyarakat Kabupaten Banggai. Ia merupakan sosok pria tegas dan sederhana yang ramah dengan siapa saja, sehingga langkah Batia bersama Partai Nasdem kian mulus saat ini.

Mungkin saja Batia mempunyai pertimbangan sendiri kepada siapa rekomendasi partai Nasdem akan diberikan walaupun semua tergantung dari pimpinan partai pusat, namun Batia merukan sosok telah menempuh jalan berdarah dengan segudang kerja-kerja nyata untuk membangun partai Nasdem di Banggai.

Kasak-Kusuk rekomendasi partai Nasdem menjelang pilkada Banggai 2020 memang menyedot perhatian dikalangan politikus dan warga Banggai. Akar permasalahan terletak pada klaim rekomendasi partai Nasdem yang mendaku-daku. Padahal, rekomendasi partai Nasdem belum pasti diberikan kepada siapa. Persoalan rekomendasi pun kian kusut dengan isu perpecahan yang menjadikan partai ini terbelah.

Pihak-pihak yang termaktub diatas juga sampai saat ini belum mengeluarkan keterangan resmi terkait isu perpecahan ditubuh partai Nasdem hingga saat ini. Namun yang perlu dicatat bersama yakni entah siapa yang mendapatkan rekomendasi partai entah melalui jalur lobi-lobi dan jalur partai mampu memenangkan Pilkada Kabupaten Banggai 2020 jika didalam tubuh partai masih terjadi perpecahan? (Muhajir Badjeber)

TULIS KOMENTAR

Alamat email anda aman dan tidak akan dipublikasikan.