Menjaga Ketahanan Energi, Job Tomori Melaksanakan Pemboran Eksplorasi Migas Di Moilong

Menjaga Ketahanan Energi, Job Tomori Melaksanakan Pemboran Eksplorasi Migas Di Moilong

Transsulawesi.com, Luwuk -- Satuan Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) sebagai pelaksana penyelenggaraan pengelolaan kegiatan usaha di bidang hulu minyak dan gas bumi bersama dengan Joint Operating Body Pertamina-Medco E&P Tomori Sulawesi (JOB Tomori) sebagai Kontraktor Kontrak Kerjasama (KKKS) yang diberikan izin oleh Pemerintah Republik Indonesia melalui pengawasan SKK Migas di Kabupaten Banggai Sulawesi Tengah,  melakukan sosialisasi sebelum melaksanakan kegiatan pemboran sumur eksplorasi minyak dan gas bumi (migas) Senoro 14 dan Senoro 15.

Kegiatan Sosialisasi yang dihadiri Pemerintah Kabupaten Banggai yang terdiri dari Bupati Banggai, Wakil Bupati Banggai, Kajari Banggai, Kapolres Banggai, Dandim 1308/LB, Kapolsek Toili Moilong, Danramil Toili Moilong, Camat Moilong serta Management JOB Tomori di kantor Bupati Banggai pada Rabu 8 Mei 2019, bertujuan untuk memberikan informasi kepada Kepala Daerah Kabupaten Banggai beserta unsut Forkopimda terkait kegiatan pemboran sumur eksplorasi Senoro 14 dan Senoro 15 yang akan dilakukan oleh JOB Tomori.

Dalam sosialisasi tersebut, Sebastian Julius - Kepala Department Humas SKK Migas Kalsul menginformasikan bahwa saat ini negara sedang melakukan kegiatan pemboran eksplorasi di beberapa wilayah Indonesia, salah satunya kegiatan pemboran Sumur Eksplorasi Senoro 14 dan Senoro 15 di Kabupaten Banggai.

Kegiatan pemboran eksplorasi yang akan berjalan kurang lebih selama 6 bulan tersebut memiliki peranan penting sebagai bagian dari proses untuk menemukan potensi cadangan minyak dan/atau gas bumi baru dalam rangka turut menjaga ketahanan energi nasional , sehingga kegiatan ini membutuhkan dukungan dari semua pihak terutama dari pemerintah daerah dan masyarakat setempat. 

Sementara itu, Bupati Banggai – Herwin Yatim mengatakan saat ini daerah semakin merasakan berkah atas proyek-proyek migas di Kabupaten Banggai. Ini terbukti bahwa, kekayaan alam di wilayah kita sangat berpotensi terhadap kontribusi migas nasional. Ia menghimbau kepada masyarakat agar turut mendukung kegiatan industri hulu migas bersama dengan Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah. 

Selain itu, dengan adanya kegiatan Pemboran Sumur Eksplorasi  Senoro 14 dan Senoro 15 ini, pemerintah daerah mengharapkan ditemukannya cadangan baru yang dapat menambah pendapatan daerah dari industri hulu migas dan kemajuan pembangunan di Banggai kedepannya.