Kunjungi Sigi, Jusuf Kalla Pesan Perlu Penanganan Secepatnya

Kunjungi Sigi, Jusuf Kalla Pesan Perlu Penanganan Secepatnya

(Foto: Merdeka.com)

Transsulawesi.com, Palu -- Wakil Presiden Republik Indonesia, Jusuf Kalla (JK) melakukan sejumlah kunjungan ke daerah-daerah dampak bencana gempa di Kabupaten Sigi. Dalam kunjungannya, JK memantau secara langsung hunian sementara di lokasi Desa Mpanau Sigi.

“Tadi juga kita telah melihat rumah-rumah  Huntara,  masih ada juga yang masih di tenda,  jadi sesegera mungkin ada penanganan. Kalau bisa selesai dalam rentang waktu dua tahun,” ungkap JK dikutip dari sultengraya.com.

Wakil Presiden Republik Indonesia, Jusuf Kalla (JK) menegaskan bahwa harus ada komitmen untuk memperketat pembangunan di Sulawesi Tengah (Sulteng).

“Oleh pemerintah Sulteng, diperketat aturan pembangunan hunian maupun gedung,  sesuai perda pembangunan. Pemerintah juga segera rencanakan lokasi pembangunan, di areal yang tidak terlalu berbahaya,  karena kalau bicara gempa,  semua daerah saya rasa berpotensi,” ujarnya menambahkan.

Hal itu tentunya sesuai dengan hasil kajian Badan Geologi yang telah memetakan lokasi-lokasi rawan bencana seperti gempa bumi, likuifaksi dan tsunami.

“Inti pokok persoalannya yang perlu dimana daerah merah, karena kalau berbicara gempa,  seluruh daerah pasti rawan,” tutur Wakil Presiden saat rapat koordinasi penanggulangan bencana Sulteng dalam kunjungan kerjanya di Kantor Gubernur Jalan Sam Ratulangi Kota Palu, Ahad (11/11/2018)

Untuk diketahui, saat ini Badan Geologi telah memetakan lokasi-lokasi rawan bencana dengan berbagai kategori seperti rendah,sedang dan tinggi pada wilayah Sulteng. (mhr)

0 Komentar

TULIS KOMENTAR

Alamat email anda aman dan tidak akan dipublikasikan.