Rusli

Koperasi Pertanian Binaan DSLNG Mampu Pasarkan Cabai 5 Ton Perbulannya

Koperasi Pertanian Binaan DSLNG Mampu Pasarkan Cabai 5 Ton Perbulannya

Wartawan se-Sulteng mengunjungi kelompok pertanian cabai di Kelurahan Sisipan, Kecamatan Batui. (Foto: Transsulawesi)

Transsulawesi.com, Kintom -- Koperasi Pertanian “Momposaangu Tanga’ Nulipu” mempunyai cerita sendri sejak bermitra bersama PT Donggi Senoro LNG (DSLNG). Hal tersebut yang telah di rasakan oleh Nurdin Idan selaku Ketua Kelompok.

Koperasi Pertanian yang berkantor di Desa Kalolos, Kecamatan Kintom ini menjadi tempat Stocking Point atau tempat pengumpulan untuk komoditi cabai gorontalo dari beberapa kelompok tani cabai di beberapa kecamatan.

Sekitar 15 kelompok pertanian yang bersama koperasi ini telah tumbuh dan maju bersama. Selain menjadi Stocking Point untuk cabai gorontalo, Koperasi ini juga ikut juga memasarkan arang tempurung.

Menurut Nurdin Idan, koperasi ini telah tumbuh lebih dari setahun dimana menjadi tempat untuk pemasaran cabai gorontalao dari petani, koperasi ini mampu berbagi keuntungan bersama anggotanya dengan penghasilan Rp20 juta hingga Rp30 juta pertahunnya.

Koperasi yang menaungi sebanyak 15 kelompok pertanian mampu mengirim cabai sebanyak 15 kali pengiriman dalam sebulannya. Dalam setiap pengiriman minimal sebanyak 200 kg sekali pengiriman. Dalam sebulan mencapai 15 kali pengiriman. Rata-rata setiap pengiriman 300 kg, sehingga koperasi ini mampu mengiirm 5 ton cabai varietas gorontalo dalam sebulan.

"Kita biasanya kirim sebanyak 300 kg rata-rata dalam sekali kirim, yah kalau banyak lebih bagus untuk di kirim, semua tergantung dari stock cabai dari petani," ujarnya.

Selama menjadi mitra DSLNG, Nurin Idan mengatakan banyak hal yang ia dapatkan. Yakni bagaimana membangun untuk mensejahterakan anggota koperasi dan petani cabai itu sendiri. Nurdin berterimakasih karena pihak perusahaan selama ini selalu mendampingi meraka dan kelomok pertanian dengan tenaga ahli.

“Kami juga bersyukur karena DSLNG sudah banyak membantu kami disini. Kami di ajar bagaimana mengelola koperasi dan memasarkan cabai gorontalo,” ujarnya. (mhr)

TULIS KOMENTAR

Alamat email anda aman dan tidak akan dipublikasikan.