Koperasi Binaan DSLNG Lakukan Kerjasama Dengan Puluhan Pengusaha

Koperasi Binaan DSLNG Lakukan Kerjasama Dengan Puluhan Pengusaha

Mitra-mitra binaan CSR DSLNG melakukan penandatanganan kerjasama dengan pengusaha pembeli produk mereka di hotel Estrella, Luwuk, Rabu (18/12/2019).

Transsulawesi.com, Luwuk -- Program pengembangan ekonomi masyarakat melalui unit-unit koperasi di tiga kecamatan terus dilakukan oleh PT Donggi Senoro LNG (DSLNG). Tiga koperasi dan satu Asosiasi Pelaku Usaha Mikro (ASPUM) yang merupakan mitra-mitra binaan CSR DSLNG melakukan penandatanganan kerjasama dengan perusahaan-perusahaan atau pembeli-pembeli produk mereka di Luwuk, Rabu (18/12/2019).

Acara penandatanganan kerjasama ini dibertepatan pada kegiatan bimbingan teknis penyelenggaraan Rapat Anggota Tahunan (RAT) yang bertempat di hotel Estrella Luwuk.

Tiga koperasi binaan DSLNG yang melakukan kesepakatan kerjasama dengan puluhan pengusaha dari berbagai daerah di Sulawesi ini terdiri dari Koperasi Perikanan Mitra Bahari Bakinbo, Koperasi Pertanian Momposaangu Tanga Nulipu, dan Koperasi Simpan Pinjam Posaanguan Boune Banggai.

Senior Manager Relation and Communication DSLNG Sakuntala Sutoyo dalam sambuatannya mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan upaya DSLNG melalui program CSR-nya untuk mengembangakan dan menjembatani koperasi-koperasi binaan DSLNG.

“Tujuan utama DSLNG yaitu mengembangkan program kemitraan bersama koperasi dan aspum adalah untuk menjembatani pemasaran produksi yang ada di kelompok-kelompok binaan agar mereka memiliki jaringan pemasran yang lebih luas,” ujarnya.

Sakuntala juga mengatakn bahwa program ini merupakan sebuah bentuk sinergitas antara perusahaan bersama pemerintah daerah Kabupaten Banggai dimana bersama-sama untuk mengembangkan pelaku usaha di ASPUM dan di Koperasi.

"Kegiatan ini merupakan antara DSLNG melalui program CSR bersama dinas koperasi dan UMKM Kabupaten Banggai, DSLNG sebagi mitra, stakeholder, dan masyarakat dslng tidak menggantikan peran dan tanggung jawab pemerintah dalam hal ini dinas koperasi dan UMKM,” ujarnya.

Dengan adanya penandatanganan kerjasama antara pelaku usahan dan pengusaha atau pembeli diharapakan bisa menjadi akses pemasaran bagi pelaku kecil dan menengah dan pengelola usaha binaan DSLNG.

Pada kesempatan yang sama, Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Kabupaten Banggai, Ernaini Mustatim, SH, MH menyambut kegiatan ini dengan positif. Ernaini mengatakan sangat sedikit koperasi yang masih bertahan saat ini, karena banyak koperasi yang sedang berada pada kondisi sakit.

"Didalam dalam koperasi, ada kategori sehat, yakni dimana setiap tahunnya salah satunya melakukan kegiatan Rapat Anggota Tahunan (RAT),” ujarnya.

Ernaini berharap bahwa tiga koperasi binaan DSLNG bisa terus melakukan kegiatannya dan serius untuk mengembangkan koperasi mereka.

“Kami akan berikan reward tahun depan kepada koperasi-koperasi yang masuk pada kategori koperasi sehat. Saya berharap tiga koperasi ini bisa tampil tahun depan untuk meraih rewards,” harap Ernaini. (mhr)

TULIS KOMENTAR

Alamat email anda aman dan tidak akan dipublikasikan.