Kedua Kalinya, Kunjungan Jokowi Penawar Kerinduan Warga Banggai

Kedua Kalinya, Kunjungan Jokowi Penawar Kerinduan Warga Banggai

Herwin Yatim saat memberikan kain tenun Nambo kepada Jokowi. (Foto: Media Sekretariat Presiden)

Transsulawesi.com, Banggai -- Kunjungan Presiden Joko Widodo saat meresmikan Bandar Udara (Bandara) Syukuran Aminuddin Amir menyedot perhatian masyarakat di Kabupaten Banggai.

Bagi masyarakat Kabupaten Banggai sendiri, kedatangan orang nomor satu di Indonesia ini telah dinantikan sejak seminggu. Banyak warga Banggai yang telah bersiap untuk sekedar melihat sosok Jokowi.

Jokowi sendiri dikenal sebagai sosok pemimpin yang dekat dengan seluruh kalangan masyarakat di Indonesia karena keramahannya.

“Kita datang dari Batui Cuma mau liat pak Jokowi,” Ujar Lukman salah seorang warga Batui.

Kedatangan Jokowi merupakan agenda untuk peresmian Bandara Morowali di Sulawesi Tengah. Sementara empat terminal bandara yang diresmikan adalah terminal bandara Syukuran Aminuddin Amir di Sulawesi Tengah, terminal bandara Haji Aeropala Selayar dan terminal baru bandara Lagaligo-Bua di Sulawesi Selatan, dan terminal bandara Betoambari di Sulawesi Tenggara yang dipusatkan di Bandara Kabupaten Banggai, Sulawesi Tengah, sekaligus mengakhiri rangkaian kunjungan kerja Presiden ke Sulawesi.

"Kita semua berharap agar pembangunan ini nantinya betul-betul dapat memudahkan kita pergi ke manapun, juga dapat mempercepat kita pergi ke manapun. Dapat juga untuk mengirimkan barang atau logistik ke manapun," kata Jokowi dalam sambutannya.

Bagi masyarakat di Sulawesi sendiri, bertambahnya pilihan transportasi ini diharapkan dapat menghubungkan mereka dengan saudara-saudaranya di seluruh Indonesia.

"Kita memiliki 17 ribu pulau dan kita ingin masyarakat yang ada di sini, di Provinsi Sulawesi Tengah, bisa berkenalan dengan saudara-saudaranya di Wamena (Papua), Yahukimo (Papua), dan Bener Meriah di Aceh," tuturnya.

Dengan begitu, Jokowi terhitung telah dua kali mengunjungi Kabupaten Banggai dalam masa pemerintahannya saat ini. Pertama saat peresmian pengapalan perdana LNG Donggi Senoro dan peresmian Bandara Syukuran Aminuddin Amir. (mhr)