Keberhasilan Penyelam Intai Para Amfibi Korps Marinir Temukan Blackbox Lion Air

Keberhasilan Penyelam Intai Para Amfibi Korps Marinir Temukan Blackbox Lion Air

Sertu Hendra Syahputra dan Kopda Noor Ali menemukan FDR (Flight Data Recorder) black box Lion Air PK-LQP. (Foto: Kumparan)

Transsulawesi.com, Banggai -- Pemimpin TNI AL melalui Pangkoarmada I Laksamana Muda TNI Yudo Margono memberikan apresiasi atas keberhasilan Tim Penyelam TNI AL yaitu penyelam intai para amfibi Korps Marinir yang telah menemukan bagian dari black box pesawat Lion Air JT 610.

Black box ditemukan di hari keempat pencarian pesawat nahas yang jatuh di perairan Tanjung Karawang, Jawa Barat. Penghargaan tersebut diberikan Sertu Hendra, penyelam TNI AL.

"Tetap bertugas dengan ikhlas dan fokus dalam membantu Tim SAR," kata Yudo usai black box ditemukan di Tanjung Karawang, Jawa barat, Rabu 1 November 2018.

Black box Lion Air ditemukan pukul 09.30 WIB di Tanjung Karawang, Jawa Barat. Sertu Hendra lah yang menemukan black box tersebut. Walaupun sempat putus asa, tim yakin bisa mendapatkan benda tersebut.

"Memang kami putus asa pada saat mengikuti alat karena pertama-tama serpihan pesawat tidak banyak kami temukan hanya bongkahan kecil," kata Hendra.

Black box tersebut ditemukan dikedalaman 30 meter, Hendra merasakan arus air sangat kencang.

"Dari alat yang kita dipinjamkan atau digunakan, kami percaya alat bahwa begitu kami turun arusnya kencang kemudian dengan keterbatasan kita menggunakan tali untuk tidak terlempar dan tidak terbawa arus karena tali tersebut agak menghambat, kami kembali lagi ke posisi awal untuk melepas tali," jelasnya.

Saat ditemukan, kata Hendra, kondisi black box masih dalam keadaan utuh. "Kondisi utuh kemudian hanya lecet-lecet dan terendam lumpur," tutur Hendra. (sam)

0 Komentar

TULIS KOMENTAR

Alamat email anda aman dan tidak akan dipublikasikan.