Kabupaten Bangkep Terima Penghargaan Kalpataru 2018

Kabupaten Bangkep Terima  Penghargaan Kalpataru 2018

Kementrian Lingkungan Hidup Dan Kehutanan (MENLHK) memberikan penghargaan Kalpataru 2018 kepada Kabupaten Banggai Kepulauan (Bangkep), Kamis, (30/8/2018). (Dokumentasi: Humas Bangkep)

Transsulawesi.com, Bangkep -- Kementrian Lingkungan Hidup Dan Kehutanan (MENLHK) memberikan penghargaan Kalpataru 2018 kepada Kabupaten Banggai Kepulauan (Bangkep), Kamis, (30/8/2018). Penghargaan ini diberikan kepada Kabupaten Bangkep atas jasanya dalam melestarikan lingkungan hidup di Indonesia.

Bertempat di taman wisata alam Batu Putih Tangkono, Bitung Sulawesi Utara, penghargaan Kalpataru diberikan Kementrian LHK yang langsung diserahkan oleh presiden RI.

Kabupaten Bangkep melalui Dr. Mochamad Indrawan M.Sc mendapatkan penghargaan kalpataru pada kategori ‘Pembinaan Lingkungan’.

Riset yang dilakukan Indrawan tentang konservasi biologi sejak tahun 1991 dari data penelitian Dr. Mochamad Indrawan M.Sc menghasilkan Desa Kokolombai sebagai lokasi ekowisata bertaraf internasional.

Kemudian pada tahun 2012 hasil riset didaftarkan kembali sebagai salah satu dari 10 penemuan kembali spesies yang hilang abad ini. Sehingga terbangun perlindungan atas hutan alami seluas 12000 ha yang berhasil merubah pola kehidupan masyarakat sekitar menjadi pelestari lingkungan. 

Indrawan merupakan pelestari satwa langka dan pembina masyarakat adat Togong Tanga Kabupaten Banggai Kepulauan.

Pemerintah pusat sangat berterimakasih kepada seluruh masyarakat banggai kepulauan yang sangat peduli terhadap kelestarian lingkungan di Bangkep. Penghargaan ini tidak akan bisa didapatkan tanpa bantuan dan kepedulian masyarakat Bangkep terhadap lingkungan.

Dalam acara, Plt Bupati Bangkep bersama DR. Mochamad Indrawan M.Sc di dampingi Plt Kepala Dinas BPLH menerima langsung penghargaan tersebut.

Sebagai informasi, Kalpataru adalah penghargaan yang diberikan kepada perorangan atau kelompok atas jasanya dalam melestarikan lingkungan hidup di Indonesia. (mhr)

0 Komentar

TULIS KOMENTAR

Alamat email anda aman dan tidak akan dipublikasikan.