Jokowi: Soal Stuntman Kami Hanya Berikan Hiburan

Jokowi: Soal Stuntman Kami Hanya Berikan Hiburan

REUTERS/Cathal Mcnaughton

Transsulawesi.com, Banggai -- Presiden Joko Widodo menanggapi pro kontra penggunaan pemeran pengganti atau stuntman dalam pembukaan Asian Games 2018 di Gelora Bung Karno beberapa waktu lalu.

"Ini kami memberikan sebuah hiburan ada gagasan ide kreatif. Saya kira saya terima dengan senang hati kalau ada gagasan ide kreatif," kata Jokowi di Istana Merdeka, Senin (20/8).

Pembukaan Asian Games 2018 menarik perhatian masyarakat sebab Jokowi datang ke GBK menggunakan motor, sembari melakukan aksi-aksi berbahaya seperti selap-selip di kemacetan Jakarta, stoppie, hingga jumping.

Dalam video itu, muka Jokowi memang tak terlihat karena mengenakan helm hitam pekat.

Aksi itu tak dilakukan Jokowi sendiri. Ia dibantu Saddum So, pemeran pengganti Jokowi asal Thailand yang mengendarai motor Yamaha FZ1 hitam itu.

Hal itu terungkap melalui postingan Saddum tertanggal 3 Agustus 2018 yang tengah mengendarai motor yang dikaitkan dengan tali.

Aksi ini tak hanya menarik perhatian masyarakat Indonesia. Penampilan mantan Wali Kota Solo bersama pemeran penggantinya ini bahkan populer dan menjadi nomor urut satu di laman pencari Korea Selatan.

Jokowi menyatakan seluruh aksi di pembukaan Asian Games 2018 adalah hiburan bagi seluruh masyarakat dan penonton.

Aksi Jokowi itu sempat dipertanyakan Wakil Ketua Umum Demokrat Roy Suryo.

Roy berpendapat, pihak stasiun televisi yang menayangkan video tersebut seharusnya mencantumkan keterangan bahwa adegan tersebut melibatkan pemeran pengganti.

"Meski semalam saya tahu itu hanya bersifat "entertainment" saja, namun sebaiknya etika dalam penayangan di televisi dilakukan, apalagi ini melibatkan sosok orang pertama (Presiden) di Republik ini," kata Roy. (Irf)

0 Komentar

TULIS KOMENTAR

Alamat email anda aman dan tidak akan dipublikasikan.