Jokowi Pastikan Pemangkasan Eselon Tak Ganggu Gaji PNS

Jokowi Pastikan Pemangkasan Eselon Tak Ganggu Gaji PNS

Joko Widodo (Foto: Transsulawesi)

Transsulawesi.com, Jakarta -- Presiden Joko Widodo menjamin rencana pemangkasan eselon III dan IV tidak akan mengurangi gaji PNS. Jokowi mengungkap penyederhanaan jabatan tersebut akan dilakukan perlahan dan dilakukan untuk menghadapi era digital di masa depan.

"Kalau di sini ada eselon III dan IV, mohon maaf akan kami ubah. Tapi pelan-pelan, yang penting tidak akan ganggu gaji tadi yang dipotong. Tidak akan turunkan pendapatan," ujarnya dalam Pertemuan Tahunan Bank Indonesia Tahun 2019, Kamis (28/11).

Jokowi pun mengungkap sudah berbicara dengan ahli IT untuk mengganti jajaran eselon III dan IV menggunakan kecerdasan buatan atau artificial intelligence.

"Saya sudah bicara dengan jago IT. Kalau bisa itu diganti AI, jadi muncul kecepatan dan budaya kerja baru," jelas Jokowi.

Sebelumnya, Jokowi memang memerintahkan agar jabatan eselon III dan IV diganti dengan kecerdasan buatan. Sebab, penerapan AI dinilai mempercepat birokrasi dalam pemerintahan.

Rencana pemangkasan eselon ini akan dilakukan tahun depan. Namun, menurut Jokowi penggantian pegawai eselon III dan IV dengan kecerdasan buatan pun akan bergantung pada omnibus law .

"Sekarang kita banyak sekali eselon I, II, III, IV, yang III dan IV akan kita potong. Saya sudah perintahkan juga ke MenPANRB diganti dengan AI," tuturnya dalam acara 100 CEO Forum Kompas di Jakarta, Kamis (28/11).

Soal pemangkasan eselon ini juga sempat diutarakan Jokowi saat pelantikannya menjadi presiden, Minggu (20/10). Ia berniat mengurangi dua level eselon dari posisi sekarang yang berjumlah empat level.

CNN Indonesia

TULIS KOMENTAR

Alamat email anda aman dan tidak akan dipublikasikan.