Jokowi Minta Bupati Lancarkan Investasi di Daerah

Jokowi Minta Bupati Lancarkan Investasi di Daerah

Presiden Joko Widodo menginstruksikan bupati se-Indonesia fokus mempermudah investasi di daerah. Bupati Banyuwangi Azwar Anas mengatakan pesan itu disampaikan Jokowi ketika bertemu Bupati di Istana Merdeka, Senin (12/11). (Foto: TEMPO.CO)

Transsulawesi.com, Jakarta -- Presiden Joko Widodo menginstruksikan bupati se-Indonesia fokus mempermudah investasi di daerah. Bupati Banyuwangi Azwar Anas mengatakan pesan itu disampaikan Jokowi ketika bertemu Bupati di Istana Merdeka, Senin (12/11).

"Tadi Presiden meminta para bupati mempermudah investasi, memperpendek birokrasi, beliau berharap investasi terus masuk, menekan inflasi dan mempermudah pelayanan publik," kata Azwar di Kompleks Istana Kepresidenan, Senin (12/11).

Bupati, kata Azwar, diinstruksikan Jokowi untuk fokus sehingga hasil terlihat signifikan. Salah satu yang diminta Jokowi kepada para bupati, segera mengembangkan sektor ekonomi kreatif.

andangan serupa disampaikan Ketua APKASI Mardani H. Maming. Jokowi, dalam pertemuan, menjelaskan pemerintah pusat sudah berusaha membuat banyak terobosan agar investasi mengalir termasuk ke seluruh daerah di Indonesia.

Dalam kesempatan itu, beberapa Bupati juga berterima kasih atas perhatian Presiden Jokowi terhadap pembangunan infrastruktur di daerah. Azwar Anas mengatakan infrastruktur merupakan salah satu masalah yang selesai dan banyak kemajuan di era Jokowi.

Di era Jokowi penyelesaian masalah infrastruktur berjalan cepat. Salah satunya, terjadi pada permasalahan infrastruktur di Lampung. "Bupati Lampung enggak sempat tanya ke Pak Presiden di pertemuan yang lalu. Beliau hanya menulis di kertas, usul permasalahan infrastruktur di daerah, diselipkan ke Pak Presiden. Satu minggu selesai," kata Azwar Anas.

Bupati lainnya juga berterima kasih karena kabupaten yang puluhan tahun terisolasi kini mudah diakses. Pembangunan dinilai dapat menghemat waktu perjalanan yang biasanya ditempuh 10 jam hanya menjadi dua bahkan satu jam.

Untuk Banyuwangi, secara khusus Azwar berterima kasih karena Bandara Banyuwangi resmi beroperasi tahun ini, terutama bagi pesawat Airbus komersial. Menurutnya, pertemuan seperti ini sangat efektif menyelesaikan permasalahan di daerah.

"Bayangkan ada satu bupati yang nggak sempat tanya, nulis di kertas diselipkan ke tangannya Pak Jokowi, satu Minggu ditindaklanjuti. Makanya tadi hal-hal yang teman-teman tidak sempat bertanya, tulis dititipkan ke Pak Presiden," tuturnya. 

CNN Indonesia

0 Komentar

TULIS KOMENTAR

Alamat email anda aman dan tidak akan dipublikasikan.