Jokowi: Bantuan Makanan Akan Dikirim Sebanyak-banyaknya Lewat Hercules

Jokowi: Bantuan Makanan Akan Dikirim Sebanyak-banyaknya Lewat Hercules

Presiden Jokowi di Palu (Foto: Selfie Miftahul Jannah/detikcom)

Transsulawesi.com, Palu -- Presiden Joko Widodo atau Jokowi mengatakan, bantuan makanan untuk korban gempa dan tsunami Donggala dan Palu, Sulawesi Tengah akan dikirimkan hari ini. Makanan tersebut akan dikirimkan menggunakan pesawat Hercules dari Jakarta.

"Bantuan makanan hari ini kita akan kirim, sebanyak-banyaknya dengan pesawat Hercules. Dari Jakarta langsung ada beberapa pesawat. Kemudian dari sana di ambil lagi dari Makassar, Balikpapan yang ada lebih dekat," kata Jokowi usai memimpin upacara Hari Kesaktian Pancasila di Lubang Buaya, Jakarta Timur, Senin (1/10/2018).

Terkait bahan bakar minyak (BBM) yang sangat dibutuhkan, Jokowi juga berharap saat ini sudah bisa didatangkan ke Palu. Sebab, pesawar khusus tangki BBM sudah dikirimkan.

"BBM juga hari ini kita harapkan sudah bisa masuk ke Palu karena pesawat khusus tangki BBM sudah kita arahkan ke sana. Saya kira problem-problem itu secepatnya harus kita tangani sebelum masuk tahap yang ke II," papar Jokowi.

Sebelumnya, Kepala Pusat Data, Informasi dan Hubungan Masyarakat Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho menjelaskan saat ini para pengungsi di Palu, Sulawesi Tengah masih terus membutuhkan bantuan.

Adapun kebutuh yang diperlukan saat ini kata Sutopo yaitu kebutuhan bahan bakar minyak hingga makan bayi.

"Terkait kebutuhan yang dianggap sangat diperlukan seperti : bahan bakar minyak, solar, premium; air minum; tenaga medis, obat-obatan; rumah sakit lapangan; tenda, terpal, selimut, veltbed; watertank; bahan makanan; alat penerangan; genset; dapur umum; kantong mayat atau kain kafan; serta makanan bayi dan anak," kata Sutopo di BNPB, Jakarta, Minggu 30 September 2018.

Merdeka.com

0 Komentar

TULIS KOMENTAR

Alamat email anda aman dan tidak akan dipublikasikan.