JOB Tomori Fasilitasi Sejumlah Wartawan Banggai Ikut UKW di Balikpapan

JOB Tomori Fasilitasi Sejumlah Wartawan Banggai Ikut UKW di Balikpapan

JOB Tomori memfasilitasi sejumlah wartawan cetak dan online di Banggai untuk mengikuti Uji Kompetensi Wartawan (UKW), di Kota Balikpapan, Kalimantan Timur. (Foto: Istimewa)

Transsulawesi.com, Balikpapan -- Dalam peningkatan kemampuan wartawan di Kabupaten Banggai, Joint Operating Body Pertamina - Medco E&P Tomori Sulawesi (JOB Tomori) memfasilitasi sejumlah wartawan cetak dan online di Banggai untuk mengikuti Uji Kompetensi Wartawan (UKW), di Kota Balikpapan, Kalimantan Timur.

Kegiatan UKW yang bekerjasama dengan Lembaga Pers Dr. Soetomo (LPDS) diikuti sebanyak 30 wartawan se-Kalimantan dan Sulawesi. Kegiatan ini berlangsung selama dua hari yakni 29 hingga 31 Oktober di Hotel Bluesky Balikpapan.

Dalam acara tersebut, tema yang diangkat yakni “Lokakarya Jurnalistik-Hukum Pers dan Uji Kompetensi Wartawan”.

Head of Media Communication and Relation Support PT Pertamina Hulu Mahakam Kristanto Hartadi mengatakan, Kegiatan ini sangat bagus, karena upaya yang dari Dewan Pers, meningkatkan dan memastikan wartawan-wartawan yang ada di Indonesia berasal dari media resmi, dan memiliki basis atau dasar jurnalistik yang baik.

"Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan wartawan itu sendiri," ujar Kristanto.

"Kami sangat mendukung kegiatan ini, harapannya buat kami diindustri hulu migas, jika dibantu dengan wartawan yang kompeten, juga membantu melindungi industri dengan pemberitaan yang tidak akurat," katanya.

Sementara, Hendrayana, Direktur Eksekutif LPDS menjelaskan, UKW terselenggara dengan adanya kerjasama LPDS dengan SKK Migas dan KKKS Kalsul.

"UKW ini penting karena sebagai profesi sudah memiliki standar, bukan hanya terhadap wartawannya saja, namun juga terverifikasi di Dewan Pers," kata Hendrayana.

Hendrayana juga mengatakan bahwa peserta yang mengikuti UKW kali ini bisa mendapatkan bantuan hukum melalui Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Pers jika mereka suatu saat menemui masalah hukum saat bekerja. (mhr)

0 Komentar

TULIS KOMENTAR

Alamat email anda aman dan tidak akan dipublikasikan.