JOB Tomori dan WHI Tanam 20.000 Mangrove di Desa Minahaki

JOB Tomori dan WHI Tanam 20.000 Mangrove di Desa Minahaki

JOB Pertamina-Medco E&P Tomori Sulawesi kembali menggelar Program Revegetasi Mangrove yang telah menginjak tahun kesepuluh. Kali ini JOB Tomori menggandeng Wahana Hijau Indonesia (WHI) Kabupaten Banggai sebagai mitra pelaksana program. (Foto: Istimewa)

Transsulawesi.com, Toili -- JOB Pertamina-Medco E&P Tomori Sulawesi kembali menggelar Program Revegetasi Mangrove yang telah menginjak tahun kesepuluh. Kali ini JOB Tomori menggandeng Wahana Hijau Indonesia (WHI) Kabupaten Banggai sebagai mitra pelaksana program.

Sebanyak 20 ribu bibit mangrove ditanam di lahan seluas 20 hektare, yakni 2 ribu bibit di Desa Tou, 4 ribu bibit di Desa Minahaki dan 14 ribu bibit di Desa Tohiti Sari.

Program Revegetasi Mangrove secara simbolis dimulai dalam acara penanaman yang dilaksanakan oleh WHI pada hari Jumat, 1 Maret 2019, bertempat di Kecamatan Toili.

Acara penanaman dihadiri langsung oleh Environmental Section Head JOB Tomori, Nuke Susanti dan Environmental Engineer JOB Tomori, Yudi Haryono,

Selain itu turut hadir Andi Rustam (Camat Toili), Derthan E. F Polunggu (Kepala Bidang Pencemaran dan Pengendalian Lingkungan Hidup Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kab. Banggai), Kepala Desa Tohiti Sari, Pengurus WHI Banggai, dan kelompok petani mangrove binaan JOB Tomori.

Program revegetasi mangrove merupakan program rutin dan berkelanjutan dalam rangka meningkatkan keanekaragaman hayati di wilayah kerja perusahaan. Program ini adalah bagian dari Corporate Social Responsibility (CSR) JOB Tomori dengan mengikutsertakan masyarakat sekitar.

JOB juga memiliki program pemberdayaan kelompok petani mangrove. Sejauh ini sudah ada 5 kelompok binaan budidaya mangrove. Bibit yang digunakan tidak diambil dari luar tetapi dari kelompok-kelompok binaan.

Program Revegetasi Mangrove ini tidak berhenti pada penanaman saja tapi berlanjut sampai tahap pemeliharaan atau perawatan tanaman mangrove. Selain itu juga akan dilakukan studi dan penyusunan indeks keanekaragaman hayati.

Kelompok binaan jiga dilibatkan secara aktif sejak tahap persiapan lahan, pembibitan, penanaman dan pemeliharaan tanaman. 

Moh. Sulfikar Suling selaku Direktur Eksekutif WHI Kabupaten Banggai mengapresiasi komitmen dan kepedulian JOB Tomori terhadap kelestarian lingkungan hidup di sekitar wilayah kerja perusahaan.

WHI juga mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah mendukung Program Revegetasi Mangrove. Kami berharap program ini dapat berjalan sukses dan bermanfaat bagi masyarakat luas. (mhr)