Herwin Yatim Ingatkan OPD Jangan Asal Keluarkan Rekomendasi

Herwin Yatim Ingatkan OPD Jangan Asal Keluarkan Rekomendasi

Herwin Yatim saat upacara HUT Banggai. (Foto: Istimewa)

Transsulawesi.com, Banggai -- Bupati Banggai H Herwin Yatim mengingatkan kepada kepala-kepala Organisasi Perangkat Daerah yang berwenang mengeluarkan rekomendasi atau izin operasi, terutama yang berkenaan dengan tata ruang kota agar tidak asal-asalan mengeluarkan surat rekomendasi.

Hal itu disampaikan Bupati Banggai saat dirinya membuka kegiatan sosialisasi penetapan kebijakan tentang Rencana Detail Tata Ruang Kabupaten/Kota (RDTRK), Rencana Tata Ruang Kabupaten/Kota (RTRK) dan Rencana Tata Bangunan dan Lingkungan (RTBL) yang diadakan oleh Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Banggai di Function Room Swissbelinn Luwuk, Rabu (8/8/2018).

Di hadapan para kepala OPD, Camat dan Lurah, Bupati Banggai mengingatkan pentingnya pemahaman

perencanaan tata ruang pada suatu wilayah.

“Bisa kita bayangkan ketika tata ruang itu tidak kita pahami. Kita sebagai regulator, tidak taat dengan apa yang sudah kita putuskan bersama, maka yang terkena dampaknya adalah generasi setelah kita,” ujar Bupati Banggai.

Meski tidak sembarang dalam mengeluarkan rekomendasi, OPD juga diminta untuk tidak mempersulit pihak swasta yang memang berhak dan memenuhi prosedur yang sudah ditetapkan. “Kami tidak ingin mempersulit pengusaha, kami ingin bersama-sama mereka memikirkan bahwa ini punya dampak,” kata Bupati Banggai.

Dalam kesempatan itu, bupati juga mengkritisi pemasangan spanduk dan baliho yang terkesan semrawut sehingga merusak keindahan kota. Banyak di antaranya yang tidak mengantongi izin. Olehnya itu dinas-dinas  terkait seperti Kominfo, PUPR, Pol PP diimbau untuk bersinergi menertibkan baliho-baliho yang bermasalah.

Materi sosialisasi siang itu membahas tentang mekanisme persetujuan substansi RTRK dan kebijakan pembinaan teknis penyusunan RTBL. Di samping itu, dibahas pula tentang mekanisme pengendalian pemanfaatan ruang daerah yang tertuang dalam Permendagri no.115 tahun 2017 dan Permendagri no.116 tahun 2017 tentang koordinasi penataan ruang daerah.

Hadir sebagai narasumber, Kepala Seksi Bina Kota dan Perkotaan Wilayah Kalimantan dan Sulawesi Kementerian Agraria dan Tata Ruang/BPN Direktorat  Jenderal Tata Ruang Mira Maryana Hidayanti, Kepala Seksi Perencanaan Tata Ruang Bidang Penataan Ruang Dinas Bina Marga dan Penataan Ruang Provinsi Sulawesi Tengah Salman Ruslan, Kepala Seksi Pemanfaatan Tata Ruang Bidang Penataan Ruang Dinas Bina Marga dan Penataan Ruang Provinsi Sulawesi Tengah Musdar Lingke, dan Kepala Bidang Penataan dan Bangunan Gedung Dinas Cipta Karya dan Sumber Daya Air Provinsi Sulawesi Tengah Alhizam Lamadau. (aby)

0 Komentar

TULIS KOMENTAR

Alamat email anda aman dan tidak akan dipublikasikan.