Hari Perlindungan Lapisan Ozon Sedunia, DSLNG Tanam 500 Kemiri di Bangkiriang

Hari Perlindungan Lapisan Ozon Sedunia, DSLNG Tanam 500 Kemiri di Bangkiriang

Corporate Communication Manager DSLNG, Thamrin Hanafi bersama Pemerintah Kecamatan Batui Selatan, dan BKSDA. (Foto: Muhajir/Transsualwesi)

Transsulawesi.com, Batui -- Memperingati Hari Perlindungan Lapisan Ozon Sedunia, PT Donggi Senoro LNG (DSLNG) melakukan kegiatan penenaman pohon kemiri di kawasan Suaka Marga Satwa Bangkiriang, Batui Selatan, Kabupaten Banggai, Selasa, (17/9/2019).

Sebanyak 500 bibit pohon kemiri ditanam pada dua titik lokasi yang berbeda di Bangkiriang. Penanaman tersebut bertujuan untuk tetap menjaga ekosistem burung Maleo yang kian terancam habitatnya.

Corporate Communication Manager DSLNG, Thamrin Hanafi mengatakan penanaman pohon kemiri pada hari perlindungan lapisan ozon sedunia merupakan kegiatan DSLNG dalam rangka pemulihan ekosistem di Suaka Marga Satwa Bangkiriang.

“Penanaman pohon kemiri ini merupakan komitmen kami (DSLNG) untuk pemulihan ekositem di Suaka Marga Satwa Bangkiriang,” ujar Thamrin.

Thamrin juga menanambahkan diharapkan dengan penanaman sebanyak 500 bibit pohon kemiri ini bisa terus menjaga ekosistem untuk Burung Maleo yakni sebagi sumber makanannya dan tempat untuk berlindung dihabitatnya.

“Jadi kita (DSLNG) tidak hanya peduli terhadap maleo di area konservasi ex-situ saja, tapi juga pada habitatnya” katanya Thamrin saat dimintai keterangan.

Keseluruhan DSLNG telah melepasliarkan 98 ekor anakan maleo hasil konservasi dari telur-telur sitaan yang diserahkan Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Sulawesi Tengah sejak Maleo Center didirikan 2013 lalu.

Telur-telur sitaan tersebut kemudian diinkubasi hingga menetas dan tumbuh di kandang-kandang yang tersedia di Maleo Center. Anakan Maleo yang berumur 2-3 bulan inilah yang kemudian dilepasliarkan di habitat alaminya.

Maleo yang dilepasliarkan ke habitat alaminya merupakan hasil konservasi ex situ yang dilakukan perusahaan sejak tahun 2013.

Melalui konservasi ex situ, DSLNG menjadi perusahaan swasta pertama yang turut berperan penting dalam upaya peningkatan populasi itu. (mhr)

TULIS KOMENTAR

Alamat email anda aman dan tidak akan dipublikasikan.