Gempa Mengguncang Poso Hingga 6 Kali, Warga Trauma

Gempa Mengguncang Poso Hingga 6 Kali, Warga Trauma

Ilustrasi Gempa: Google

Transsulawesi.com, Poso -- Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), melaporkan gempa tektonik mengguncang wilayah Kabupaten Poso, Sulawesi Tengah sekitar pukul 8.32 WITA, Minggu (24/3).

Gempa yang mengguncang Poso memiliki kekuatan 5,7 magnitudo.

Kepala Pusat Gempa Bumi dan Tsunami BMKG, Rahmat Triyono, menjelaskan bahwa berdasarkan hasil analisis BMKG, disebutkan episenter gempa bumi terletak pada koordinat 1,78 Lintang Selatan dan 120,55 Bujur Timur, atau tepatnya berlokasi di darat pada jarak 48 kilometer arah barat daya Kota Poso, Kabupaten Poso, Provinsi Sulawesi Tengah, pada kedalaman 39 kilometer.

Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenter, Rahmat mengatakan, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat aktivitas Sesar Poso.

"Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempa bumi ini dipicu oleh penyesaran naik," ujarnya dikutip dari Kumparan.

BMKG mencatat, hingga pukul 12.16 WITA, tercatat sudah terjadi 6 kali gempa. Gempa terkuat dengan kekuatan 5,7 magnitudo; sedangkan gempat terkecil memiliki kekuatan 3,1 magnitudo. Hampir semua gempa berlokasi di Poso bagian Timur, Barat, dengan kedalaman 10 kilometer. (mhr)