DSLNG Gelar Lokakarya Melawan Hoaks Bersama AJI Palu

DSLNG Gelar Lokakarya Melawan Hoaks Bersama AJI Palu

PT Donggi Senoro LNG (DSLNG) menggelar kegiatan pelatihan untuk menangkal penyebaran berita bohong di ruang publik dengan tema “Lokakarya Mari Menangkal Hokas” di hotel Estrella Luwuk. (Foto: Istimewa)

Transsulawesi.com, Luwuk – PT Donggi Senoro LNG (DSLNG) menggelar kegiatan pelatihan untuk menangkal penyebaran berita bohong di ruang publik dengan tema “Lokakarya Mari Menangkal Hoaks” di hotel Estrella Luwuk.  

Bekerjasama dengan Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Palu, lokarkaya ini dihadiri sejumlah wartawan dan relawan yang bergerak dibidang pendidikan di Kabupaten Banggai.

Corporate Communication Manager PT DS-LNG, Thamrin Hanafi, berharap materi cara menangkal hoaks yang didapatkan dalam pelatihan tersebut bisa diterapkan dalam kehidupan sehari-hari agar lebih bijak dalam menyikapi informasi yang diperoleh dari media sosial.

Sementara itu, salah satu pemateri yang juga Ketua AJI Palu, Mohamad Ikbal menuturkan, pelatihan tangkal hoaks menjadi hal penting. Mengingat belakangan ini fake news dan hoaks semakin banyak bertebaran di media sosial dan kerap memperkeruh relasi di dunia nyata.

“Kita berharap dengan kegiatan ini proses verifikasi terhadap konten yang beredar akan semakin meningkat, minimal mulai dari sendiri hingga ke lingkungan,” tutur Iqbal.

Materi yang diberikan pada lokakarya tangkal Hoaks meliputi verifikasi informasi, melacak informasi, dan filter terhadap informasi yang beredar.

Selain memberikanmateri tentang cara melawan hoaks, para pemateri juga menguji sampai mana materi yang diberikan mampu diserap dan di aplikasikan oleh peserta yang hadir. (mhr)

0 Komentar

TULIS KOMENTAR

Alamat email anda aman dan tidak akan dipublikasikan.