DSLNG Berikan Pelatihan Pembuatan Pestisida Alami Kepada Petani Binaannya

DSLNG Berikan Pelatihan Pembuatan Pestisida Alami Kepada Petani Binaannya

Salah satu petani kelompok Pertanian Bilalang binaan PT Donggi Senoro LNG yang kini mendapatkan perhatian dari perusahaan. (Foto: Transsulawesi)

Transsulawesi.com, Batui -- Kelompok Pertanian Bilalang merupakan salah satu kelompok tani cabai binaan PT Donggi Senoro LNG yang kini mendapatkan perhatian dari perusahaan. Selain diajarkan bertani cabai, mereka juga mendapatkan ilmu dan teknik pembuatan pupuk organik.

Dengan pendampingan tenaga ahli pertanian dari DSLNG, para petani kini mempunyai kemampuan dan pengetahuan tentang bagaimana bercocok tanam cabai. Kelompok Tani Bilalang yang dipelopori oleh ibu-ibu rumah tangga ini, kini beranggotakan sebanyak 21 orang dan terus tumbuh bersama.

Untuk mendorong peningkatan kapasitas petani yang menjadi mitra binaan CSR PT Donggi-Senoro LNG, perusahaan pengolahan gas alam cair ini mengadakan pelatihan untuk perwakilan kelompok tani. Dengan pelatihan ini diharapkan penerapan teknologi pertanian tepat guna dan ramah lingkungan bisa lebih diperluas dan dipahami oleh petani.

Pelatihan untuk para petani ini diharapkan petani lebih memahami materi teknologi pertanian yang diberikan selama ini bisa diteruskan oleh para perwakilan kelompok tani masing-masing. Salah satu materi yang diajarkan adalah kembali memastikan perwakilan kelompok tani lebih menguasai pembuatan dan penggunaan pestisida alami untuk menghadapi penyakit dan gulma tanaman.

Ketua kelompok tani Bilalang, Yurince mengatakan bahwa dengan pendampingan dari tenaga ahli tim CSR DSLNG mereka banyak mendapatkan ilmu bagaimana bercocok tanam cabai hingga manajemen kelompok. Bilalang mempunyai anggota yang bersama-sama mengelola perkebunan cabai dan simpanan pokok untuk kelompok.

“Kita berterimakasih dengan adanya pendampingan dari perusahaan terhadap kelompok tani disini,” ujar Yurince. (mhr)

TULIS KOMENTAR

Alamat email anda aman dan tidak akan dipublikasikan.