Djemi Tjayoan: PP Dibentuk Untuk Meneruskan Cita-Cita Bangsa

Djemi Tjayoan: PP Dibentuk Untuk Meneruskan Cita-Cita Bangsa

“Pemuda Pancasila merupakan organisasi yang dibentuk untuk meneruskan cita-cita perjuangan para pendiri bangsa yang terdahulu,” ucap Ketua Umum Pemuda Pancasila Kabupaten Banggai. (Foto: Istimewa)

Transsulawesi.com, Luwuk -- Musyawarah cabang yang terhimpun dalam Pemuda Pancasila (PP), kali pertamanya di adakan dan bertujuan untuk melahirkan generasi pemuda bangsa. Musyawarah cabang (MUSCAB SAPMA) yang terdiri dari satuan pelajar dan tingkat mahasiswa secara khusus di tempatkan di Ball Room Hotel Swiss Bellin, Kecamatan Luwuk Selatan, Sabtu (08/12/18) kemarin.

Pemuda Pancasila (PP) diketahui merupakan organisasi yang didirikan oleh seorang Jendral Abdul Haris Nasution pada tanggal 28 oktober 1959. Sejak tahun 1981 dipimpin oleh Japto Soerjosoemarno. Dan kemudian sampai saat ini telah diwariskan untuk generasi bangsa Indonesia.

“Pemuda Pancasila merupakan organisasi yang dibentuk untuk meneruskan cita-cita perjuangan para pendiri bangsa yang terdahulu,” ucap Ketua Umum Pemuda Pancasila Kabupaten Banggai.

Dengan semangat kebangkitan nasional sumpah pemuda, proklamasi RI, tekad pemuda pancasila hanya satu yaitu mempertahankan pancasila sebagai ideology bangsa yang abadi dan harga mati. Pancasila harus sesuai dengan isi dan pengamalannya dan di amanatkan kepada generasi pemuda saat ini, Tambah Djemi, sejak pemuda pancasila menjadi organisasi kemasyarakatan maka peran- peran untuk organisasi secara khusus diberikan kepada para intelektual muda dan diamanatkan kepada satuan organisasi pelajar dan mahasiswa, dan perempuan lewat organisasi srikandi, dan saya berharap pemuda pancasila selalu menjadi garda terdepan.

Hadir bersama dalam kegiatan, Bupati Banggai di wakili Hasanudin Idris, (staf ahli bidang pelayanan publik dan pelayanan sosial), MPO Pemuda Pancasila Rusdi Mastura. Hasan Abdul Kadir, SE Ketua Pengurus SAPMA Pemuda Pancasila Provinsi Sulawesi Tengah. MR. Kamase, SH Sekretaris Pemuda Pancasila Kabupaten Banggai.

Ketua Majelis Pemuda Indonesia Batia Sisilia Hadjar dan pemuda pelajar dan mahasiswa.

Sementara itu, Bupati Banggai yang diwakilkan oleh staff ahlinya mengatakan,  Kami Pemerintah Daerah  sangat mengapresiasi dan bangga untuk penyelenggaraan kegiatan Muscab pertama ini, karena pengurus organisasi pemuda sangat serius dan betul-betul membesarkan pemuda pancasila.

Muscab SAPMA satuan  pemuda pelajar dan mahasiwa, ini merupakan forum yang tepat. Pemuda pancasila sebelumnnya adalah organisasi kepemudaan yang terbatas hanya OKP, tapi saat ini orientasinya sosial yang berbasis publik atau kemasyarakatan yang artinya setiap potensi masyarakat  menjadi wilayah pengabdian  pemuda pancasila, ungkap Hasanudin. (sam)