JOB Tomori

Bupati Banggai Ajak Legislatif Bersama-sama Awasi Penggunaan Anggaran Secara Efektif

Bupati Banggai Ajak Legislatif Bersama-sama Awasi Penggunaan Anggaran Secara Efektif

Rapat paripurna Laporan hasil Panitia Khusus (Pansus) sekaligus penyampaian Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPJ) Bupati Banggai untuk Tahun Anggaran (TA) 2019, digelar melalui Video Conference dari ruang Rapat Khusus Kantor Bupati Banggai, Luwuk Selatan, Kamis (30/4/2020). (Dokumenstasi Pemda Banggai)

Transsulawesi.com, Luwuk Selatan – Rapat paripurna Laporan hasil Panitia Khusus (Pansus) sekaligus penyampaian Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPJ) Bupati Banggai untuk Tahun Anggaran (TA) 2019, digelar melalui Video Conference dari ruang Rapat Khusus Kantor Bupati Banggai, Luwuk Selatan, Kamis (30/4/2020).

Sebagaimana diamanatkan dalam PP Nomor 13 Tahun 2019 tentang Laporan dan Evaluasi Penyelenggaraan Pemerintah Daerah, bahwa Laporan Keterangan Pertanggungjawaban yang selanjutnya disingkat LKPJ adalah laporan yang disampaikan oleh pemerintah daerah kepada Dewan Perwakilan Rakyat Daerah melalui rapat paripurna, yang memuat hasil penyelenggaraan urusan pemerintahan, menyangkut pertanggungjawaban kinerja yang dilaksanakan oleh pemerintah daerah selama 1 (satu) tahun anggaran.

Kewajiban tersebut telah dipenuhi dengan menyampaikan LKPJ akhir Tahun Anggaran 2019 pada rapat paripurna tanggal 21 april 2020 yang lalu. Selanjutnya juga telah dilakukan pembahasan oleh pansus LKPJ DPRD Kabupaten Banggai, yang hasil pembahasannya disampaikan pada paripurna tersebut.

LKPJ akhir tahun anggaran 2019 selain merupakan salah satu kewajiban pemerintah dalam penyelenggaraan pemerintah daerah juga sebagai salah satu bahan evaluasi serta wahana antara eksekutif dan legislatif untuk perbaikan di masa berikutnya baik dalam melaksanakan roda pembangunan maupun dalam menyusun LKPJ itu sendiri.

Melalui sambutan tertulis yang dibacakan oleh Wakil Bupati Drs. H. Mustar Labolo, Bupati Banggai, Dr. H. Herwin Yatim, menyampaikan bahwa pembangunan daerah harus dilaksanakan secara serius dan bersama-sama bahu membahu pada semua lini sehingga arah pembangunan kedepan diupayakan pada hasil yang langsung dirasakan oleh masyarakat.

Bupati H. Herwin Yatim, juga mengajak para kepala perangkat daerah untuk berpikir serta bertindak secara cerdas, inovatif, penuh insiatif dan visioner dalam merencanakan dan melaksanakan proses akselerasi pembangunan dengan prinsip kehati-hatian sebagai upaya untuk mengurangi peluang terjadinya kesalahan guna peningkatan mutu pembangunan di Kabupaten Banggai.

Pada kesempatan itu, Bupati H. Herwin Yatim juga mengajak pimpinan dan anggota DPRD untuk bersama-sama melakukan pengawasan yang efektif terhadap penggunaan anggaran secara benar dan tepat. Tujuan yang hendak di capai adalah optimalisasi pemanfaatan anggaran yang tersedia dengan sebaik-baiknya, pemanfaatan dan sasarannya juga harus jelas yang semuanya itu bermuara pada peningkatan kesejahteraan rakyat.

Turut hadir pada kesempatan itu, Wakapolres Banggai, Kepala Staf KODIM 1308/LB, Kepala Bappeda Litbang Kabupaten Banggai, dan sejumlah pimpinan OPD serta Asisten, Staf Ahli dan sejumlah Kabag di lingkup Setda Kab. Banggai.

Vicon juga diikuti oleh Pimpinan serta 25 anggota DPRD Kabupaten Banggai, Sekretaris Daerah Kabupaten Banggai, serta sejumlah pimpinan OPD dan Camat di lingkup Pemkab Banggai.

(sam)

TULIS KOMENTAR

Alamat email anda aman dan tidak akan dipublikasikan.