Berikut Rincian Jadwal Seleksi CPNS 2018

Berikut Rincian Jadwal Seleksi CPNS 2018

Kepala Biro Humas BKN Mohammad Ridwan menyatakan, pelamar yang telah mendaftar online pada situs sscn.bkn.go.id berkasnya kemudian akan ditinjau oleh tim verifikator dalam kurun waktu 2-3 pekan setelah tahap pengumuman formasi dikeluarkan pada Rabu, 19 September. (Foto: Istimewa)

Transsulawesi.com, Banggai -- Badan Kepegawaian Negara (BKN) akan membuka proses pendaftaran seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil 2018 (CPNS 2018) paling cepat pada 26 September mendatang.

Kepala Biro Humas BKN Mohammad Ridwan menyatakan, pelamar yang telah mendaftar online pada situs sscn.bkn.go.id berkasnya kemudian akan ditinjau oleh tim verifikator dalam kurun waktu 2-3 pekan setelah tahap pengumuman formasi dikeluarkan pada Rabu, 19 September.

"Selama 2-3 minggu ke depan ada proses awal, yaitu proses seleksi administrasi oleh verifikator di masing-masing instansi," kata dia di Kantor Pusat BKN, Jakarta, Rabu (19/9/2018).

Setelah itu, lanjutnya, hasil pemberkasan administrasi tersebut akan diumumkan pada 16 Oktober. Bila dinyatakan lulus, maka pelamar dapat mengikuti tes Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) dan Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) sekitar satu pekan setelahnya.

"Kalau mereka lulus (seleksi administrasi) nanti akan diumumkan untuk bisa ikut tes SKD dan SKB lewat skema Computer Assisted Rest (CAT). Jadwalnya masih tentatif, sekitar satu minggu setelahnya," jelas dia.

Berdasarkan jadwal yang dikeluarkan BKN sebelumnya, pelaksanaan SKD dan SKB direncanakan berlangsung pada pekan ketiga Oktober hingga November 2018.

Pasca-menjalani serangkaian tes, pelamar CPNS yang lolos proses seleksi tersebut kemudian akan diumumkan kelulusannya pada pekan keempat November.

Proses panjang rekrutmen CPNS 2018 pun akan berakhir penghujung tahun, yakni ditutup dengan tahap pemberkasan yang direncanakan berlangsung pada Desember 2018.

Sesuai jadwal, Situs Seleksi CPNS Nasional (SSCN) dapat diakses pada 19 September 2018 pukul 13.00 WIB. Situs ini hadir sebagai sarana integrasi segala data terkait seleksi CPNS.

"Jam 13.00 hari ini, siap-siap pantengin web BKN ya," ucap Kepala Biro Humas BKN Mohammad Ridwan, Rabu (19/9/2018) di Kantor Pusat BKN.

Pelamar CPNS 2018 wajib mendaftarkan diri lewat SSCN sesuai ketentuan yang berlaku. Ini berlaku kepada pelamar untuk semua instansi.

Meski situsnya bisa diakses, pendaftaran CPNS baru terbuka paling cepat pada 26 September 2018. Namun, pihak BKN menyebut tanggal itu masih tentatif.

"Pendaftaran tanggal 26 nanti paling cepat. Masih belum fix, tapi diusahakan bisa cepat," ujar Ridwan.

Sementara itu, pada 19 - 26 September ini baru akan diumumkan jumlah formasi dari 76 kementerian dan 525 daerah.

Seperti diketahui, pemerintah menyiapkan jumlah formasi CPNS 2018 sebanyak 238.015 posisi. Berdasarkan perhitungan tersebut, 51.271 posisi akan ditempatkan di pusat, sementara 186.744 untuk instansi daerah. (sam)

 

0 Komentar

TULIS KOMENTAR

Alamat email anda aman dan tidak akan dipublikasikan.