Rusli

Anugerah Jurnalistik DSLNG 2019 Sukses Terselenggara, Ini Pemenangnya

Anugerah Jurnalistik DSLNG 2019 Sukses Terselenggara, Ini Pemenangnya

Malam Apresiasi Anugerah Jurnalistik DSLNG (AJD) 2019 yang dilaksanakan di ruang rapat Swiss-Bell Hotel Kota Palu berlangsung meriah, Senin (4/11/2019),. (Dokumentasi: DSLNG)

Transsulawesi.com, Palu -- Malam Apresiasi Anugerah Jurnalistik DSLNG (AJD) 2019 yang dilaksanakan di ruang rapat Swiss-Bell Hotel Kota Palu berlangsung meriah, Senin (4/11/2019). Acara yang didedikasikan untuk para insan jurnalis di Sulawesi Tengah ini, berhasil menjadi ajang untuk pengembangan kapasitas jurnalis di Sulteng.

AJD 2019 yang di selenggerakan PT Donggi Senoro LNG (DSLNG) yang bekerja sama dengan Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Kota Palu, merupakan kali kedua diselenggarakan dengan mengangkat tema “Menakar Peran DSLNG dan Industri Migas Dalam Pembangunan Sulawesi Tengah”.

Gubernur Sulteng Longki Djanggola, menitipkan pesan agar kegiatan AJD yang selama ini di gelar oleh DSLNG dan AJI Palu menjadi agenda tahunan untuk dilakukan setiap tahunnya.

 “Saya mengapresiasi penyelenggaran Anugerah Jurnalistik DSLNG tahun 2019 ini.  Mudah-mudahan ini bisa berlanjut tahun depan dan menjadi agenda tetap selama DSLNG beroperasi di Sulteng,” ujar Longki.

Dalam acara tersebut, Gubernur Longki Djanggola juga sempat bercerita pendek tentang masa lalunya yang merupakan seorang humas di pemerintah daerah. Menurutnya ia paham dengan kerja jurnalis, karena pernah merasakan bagaimana menulis itu sendiri.

“Menulis itu dibilang mudah tidak, dibilang susah tidak, tapi susah ternyata,” kelakar Longki.

Sementara itu, Direktur  Korporasi DSLNG Erita Yohan mengatakan bahwa AJD merupakan komitmen kuat perusahaan terhadap rekan-rekan media pers. Yakni bagaimana AJD menjadi agenda untuk pengembangan kapasitas dan menjaring bakat-bakat baru jurnalis di Sulteng.

“AJD yang dilaksanakan sejak 2018 lalu merupakan kontribusi DSLNG terhadap media dan kerja-kerja jurnalistik. Media adalah merupakan satu tempat di mana aspirasi dari masyarakat, pemerintah, pelaku usaha boleh disampaikan atau dikabarkan. Tentunya disampaikan secara bertanggung jawab dengan tertib aturan. Sehingga bisa memaknai satu aturan check and balance dan inilah yang merupakan tujuan dilaksanakannya AJD,” kata Erita.

Sedikitnya ada 30 jurnalis yang berpartisipasi dalam lomba ini. Dari puluhan karya yang telah dikirimkan, akhirnya dipilih 20 karya terbaik yang masuk dalam nominasi.

Karya yang masuk dinilai oleh beberapa juri yaitu Agus Sudibyo dari Dewan Pers, Rolex Malaha dari Antara, M Iqbal dari AJI, Doty Damayanti dari DSLNG dan Neni Muhidin dari pegiat literasi.

Malam Apresiasi DSLNG juga diisi dengan pemberian penghargaan kepada tokoh dan inisiator pers Sulteng, Alm Rusdy Toana. Serta pemberian penghargaan kepada lembaga pemerintah yang senantiasa memberikan keterangan kepada wartawan terkait dengan dinamisasi pembangunan dan perekonomian di Sulteng.

AJD 2019 memberikan penghargaan kepada 20 orang jurnalis:

Feature Media Cetak, juara satu diraih oleh Haris Ladici dari Luwuk Pos, Juara II Irwan dari Sulteng Raya dan III, IV Tasman Banto dari Menrcusuar, IV Hangga Nugraha dari Sulteng Raya dan Juara V diraih Andi Ardin dari Luwuk Pos.

Kategori News Cetak, Juara I, II dan III sampai V masing- mmasing Barnabas Linang dari Luwuk Pos, Hangga Nugraha dari Sulteng Raya,  Sofyan Samsuddin dari Obor Motindok, Indrawati Zainudin dari Pos Palu dan Haris Ladici dari Luwuk Pos.

Kategori News Online Juara I diraih Rony Sandi dari Radarsulteng online menyusul Sobirin dari Kabar Celebes, Muhadjir Badjeber dari Transsulawesi.com, Stepensopyan Pontoh dari Antarasulteng.com dan Hamdi Anwar dari Palu Ekspres.

Kategori Feature Online diraih Stepensopyan Pontoh dari Antarasulteng.com, Mohammad Qadri dari Kabarselebes, Muhadjir Badjeber dari Transsulawesi.com, Agus Panca Saputra dari Sultengterkini.com dan Irwan Kurniawan Basir dari Kabar Luwuk. (mhr)

TULIS KOMENTAR

Alamat email anda aman dan tidak akan dipublikasikan.