Anisa Bocah Cilik Nambo Yang Ikut Parade Ketinting di Hari Nusantara

Anisa Bocah Cilik Nambo Yang Ikut Parade Ketinting di Hari Nusantara

Anisa bocah cilik asal Kecamatan Nambo saat mengikuti parade kapal nelayan di Desa Tangkian, Kecamataan Kintom, Kabupaten Banggai, pada Hari Nusantara yang jatuh hari ini, Kamis, (13/12/2018). (Foto: Muhajir)

Transsulawesi.com, Kintom – Tidak terlihat wajah takut sedikitpun dari Anisa bocah cilik asal Kecamatan Nambo saat mengikuti parade kapal nelayan di Desa Tangkian, Kecamataan Kintom, Kabupaten Banggai, pada Hari Nusantara yang jatuh hari ini, Kamis, (13/12/2018).

Walau masih duduk di bangku sekolah dasar kelas IV, ia terbilang berani saat mengikuti ayah dan kakak-kakaknya saat mengikuti parade ditengah ombak yang terlihat sedikit menyapa perahunya yang berukuran sekitar 5 meter saja.

Anisa mengaku senang mengikuti parade ketinting kali ini, karena menurutnya senang saat parade bersama ketinting lainnya. Ia juga gembira saat melihat kekarnya kapal perang TNI Angkatan Laut yang selama ini melindungi perairan Indonesia.

“Senang om, soalnya rame-rame, saya juga bisa liat kapalnya tentara yang besar itu,” ujar Anisa tertawa.

Sebanyak 200 ketitinting nelayan tiga Kecamatan Nambo, Kintom, dan Batui meramaikan Hari Nusantara (Harnus) dengan melakukan parade ketinting dan sailing pass perahu layar di pelabuhan desa Tangkian.

Walau kalah ukuran dengan kapal perang TNI Angkatan Laut, namun Anisa bersama nelayan lokal lainnya tidak kalah menghibur penunjung pada Harnus kali ini.

Banyak warga yang terhibur dan bersorak saat Anisa bersama nelayan lokal lainnya melakukan parade perahu layar di depan puluhan ribu pengunjung.

Parade KRI TNI Angkatan Laut bersama nelayan lokal bertolak dari Desa Uling, Kecamatan Kintom hingga pelabuhan Tangkian.

Kapuspen Kemendagri, Bahtiar, dalam pernyataan tertulisnya, mengatakan bahwa setiap tanggal 13 Desember Indonesia selalu memperingati Harnus.

"Tema Peringatan Hari Nusantara Tahun 2018 adalah “ Perwujudan Kesatuan Nusantara yang Utuh melalui Deklarasi Juanda”," kata Bahtiar.

Gelaran Peringatan Hari Nusantara Tahun 2018, lanjut Kapuspen, bertempat di Pelabuhan Tangkiang Luwuk, Kabupaten Banggai Provinsi Sulawesi Tengah, dipimpin dan dibuka langsung Mendagri Tjahjo Kumolo yang mewakili Presiden RI, dirangkai dengan acara Pembacaan Naskah Deklarasi Djuanda oleh 3 orang pelajar Kabupaten Banggai dan Deklarasi “Sulteng Bangkit dan Kuat”. (mhr)

0 Komentar

TULIS KOMENTAR

Alamat email anda aman dan tidak akan dipublikasikan.