Video: Jejak Dakwah Di Pedalaman Morowali Utara, Napak Tilas Ustadz Ismail Syahril

 Video: Jejak Dakwah Di Pedalaman Morowali Utara, Napak Tilas Ustadz Ismail Syahril

Transsulawesi.com, Banggai -- Ustadz Ismail Syahril dikenal luas sebagai guru agama yang giat melakukan dakwah di Pedalaman Morowali Utara dan Pedalaman Banggai. Dakwahnya selama ini mampu mengIslamkan sejumlah warga suku pedalaman di Semenanjung Timur Sulawesi.

Sayangnya, di awal 2019, di usia 33 tahun, ustadz Ismail Syahril yang menjadi sahabat karib saya sejak masa sekolah telah wafat.

Untuk mengenang jejak dakwahnya, saya melakukan perjalanan panjang ke pedalaman Kabupaten Morowali Utara demi menapaki tempat-tempat yang pernah dimasukinya untuk menjangkau warga Suku Tau Taa' Wana yang sebagian belum beragama.

Nonton Videonya:

Bersama sejumlah murid didikannya yang aktif dalam dakwah pedalaman, perjalanan ini menjadi napak tilas yang menantang karena jalur naik dan turun yang tinggi dan curam di pegunungan, lembah, dan daerah aliran anak Sungai Lijo yang membentuk Sungai Bongka yang bermuara di Kabupaten Tojo Una-Una, Teluk Tomini.

Meskipun perjalanan ini sudah jauh lebih mudah dengan telah diperbaikinya jalanan menuju pedalaman Desa Lijo, dan medan yang dilewati lebih bersahabat karena dilakukan di musim panas yang tanpa banjir, namun perjalanan ini tetap seru karena pemandangan alam yang dilewati cukup memukau. (Rahmat Azis)