NEW EDITION
    Voice of East Sulawesi

Publika

Peresmian Groundbreaking PLTMG 40 MW di Batui, Berkah Untuk Banggai

Selasa, 03 /07/ 2018 16:29:46 1384 Pembaca  

PLTMG 40 MW ini diharapkan bisa memenuhi pasokan energi listrik di Sulawesi Tengah khususnya pada Kabupaten Banggai dan sekitarnya. (Foto: Istimewa)
PLTMG 40 MW ini diharapkan bisa memenuhi pasokan energi listrik di Sulawesi Tengah khususnya pada Kabupaten Banggai dan sekitarnya. (Foto: Istimewa)

Transsulawesi.com, Banggai -- Ground Breaking pembangunan Proyek Pembangkit Listrik Tenaga Mesin Gas (PLTMG) Luwuk 40 MW, di Desa Nonong, Kecamatan Batui, pada pekan ini diresmikan oleh Presiden Jokowi melalui video confrance.

Dengan diresmikan PLTMG Luwuk 40 MW ini diharapkan bisa memenuhi pasokan energi listrik di Sulawesi Tengah khususnya pada Kabupaten Banggai dan sekitarnya.

Hal tersebut Kemampuan pembangkitan sistem Luwuk Toili akan meningkat sebesar 242% dari kapasitas mampu sebelumnya, serta diharapkan dapat mengakomodasi penambahan pelanggan yang lebih banyak.

Bupati Banggai, dalam sambutannya mengatakan, berharap agar masyarakat benar-benar menjaga investasi pemerintah melalui pembangunan PLTMG Luwuk 40 MW untuk kepentingan bersama masyarakat Banggai.

“Komitmen kami, pemerintah kabupaten Banggai adalah meningkatkan perekonomian masyarakat melalui pemanfaatan potensi lokal. Apa yang dilakukan PLN dengan membangun PLTMG Luwuk ini yang akan menggunakan sumber energi gas alam yang tersedia di kabupaten Banggai, kami dukung sepenuhnya, dan saya mengajak masyarakat yang ada di sekitar PLTMG untuk juga mendukung lancarnya pembangunan ini demi kepentingan bersama” ucap Bupati Ir. H. Herwin Yatim MM.

Bupati Banggai menambahkan, masyarakat Kabupaten Banggai harus bersyukur atas pembangunan proyek tersebut, “ ini suatu berkah yang diberikan kepada kita (masyarakat), pungkasnya” karna tidak semua daerah bisa ada pembangunan proyek PLTMG dan kalau kita lihat dalam satu dekade ini terjadi peresmian dibeberapa wilayah indonesia, untuk pembangkit listrik dari 540 Kabupaten/Kota, Kabupaten Banggai adalah salah satunya.

Sigit Wicaksono selaku GM (General Manager) Unit induk pembangunan area Sulutenggo, dalam peresmian Pembangkit listrik ini (02/07), secara serentak Groundbreaking diresmikan di tiga tempat sekaligus oleh Presiden RI Jokowi dan dipusatkan di daerah Sidrap Provinsi Sulawesi Selatan yakni pembangkit listrik tenaga bayu (PLTB) dengan kapasitas 75 Megawatt.

Ini bertujuan untuk memenuhi taraf hidup dan mendorong pertumbuhan ekonomi, penyerapan tenaga kerja masyarakat dan dalam kawasan bisnis usaha kecil/menengah juga utamanya untuk pengembangan industrialisasi yang sesuai dengan program Nawacita Presiden RI, kata Sigit. Untuk target pembangkit listrik mulai beroperasi, tahap yang pertama (Block 1) 15 Mw akan dilaksanakan pada triwulan satu dan akan dilanjutkan tahap kedua yakni 25 mw pada triwulan dua tahun 2019.

Usai menyaksikan peresmian lewat teleconference dan memberikan bantuan, Bupati Banggai bersama Unsur Forkopimda disematkan penghargaan dari PT.PLN (Perusahaan Listrik Negara) atas dukungan pembangunan proyek PLTMG.

Turut hadir dalam peresmian PLTMG yakni Unsur Forkopimda, Tokoh masyarakat, Tokoh adat, Tokoh Agama, Forkopimcam, General manager dan jajaran PT. PLN dan perwakilan Gubernur sulawesi Tengah.

(mhr)

 

 

Komentar

BERITA TERKINI


Masukkan Email Anda Untuk Berlangganan