NEW EDITION
    Voice of East Sulawesi

Olah Raga

Brazil Gasak Kosta Rika 2 - 0 Secara Dramatis

Jum'at, 22 /06/ 2018 21:32:26 1320 Pembaca  

Penyerang Brasil Neymar. (Foto:Paul ELLIS / AFP)
Penyerang Brasil Neymar. (Foto:Paul ELLIS / AFP)

Transsulawesi.com, Banggai -- Timnas Brasil meraih kemenangan dramatis 2-0 atas Kosta Rika pada lanjutan pertandingan Grup E Piala Dunia 2018 di Stadion Saint Petersburg, Jumat (22/6).

Brasil meraih kemenangan atas Kosta Rika lewat dua gol telat Philippe Coutinho dan Neymar saat injury time babak kedua. Selecao sempat dibuat frustrasi oleh Kosta Rika hingga 90 menit pertandingan.

Dominasi Brasil seperti tidak berarti di babak pertama. Tim asuhan Tite memiliki penguasaan bola hingga 70 persen di babak pertama, namun kesulitan menembus pertahanan solid Kosta Rika.

Kosta Rika terbilang bermain dengan cukup nyaman di babak pertama. Tim berjuluk Los Ticos itu bermain dengan sabar di belakang dan beberapa kali mengancam lini pertahanan Brasil.

Pertahanan solid Kosta Rika benar-benar membuat Brasil frustrasi. Bahkan tim lima kali juara dunia itu baru mampu menciptakan shot on target pada menit ke-41 setelah tendangan spekulasi Marcelo ke pojok kanan gawang berhasil ditangkap kiper Kosta Rika Keylor Navas. Skor kacamata pun bertahan hingga akhir babak pertama.

Brasil tampil luar biasa di sepuluh menit awal laga babak kedua. Masuknya Douglas Costa menggantikan Willian membuat serangan Brasil lebih agresif. Kosta Rika patut berterima kasih kepada kiper Keylor Navas yang tamppil luar biasa menggagalkan sejumlah peluang emas Brasil.

Pada menit ke-50, Brasil langsung punya dua peluang emas. Sebuah sundulan Jesus memanfaatkan umpan silang Fagner hanya membentur mistar gawang. Beberapa detik kemudian giliran Philippe Coutinho yang berhasil diblok Cristian Gamboa dan tipis di sisi kanan gawang.

Serangan agresif Brasil terus terjadi di awal babak kedua. Navas melakukan penyelamatan gemilang pada menit ke-57 ketika menepis tendangan keras Neymar di depan kotak penalti Kosta Rika.

Lini pertahanan Kosta Rika harus pontang-panting menghadapi Brasil. Serangan Selecao semakin nyata terlihat ketika Tite memasukkan Roberto Firmino untuk menggantikan Paulinho. Brasil pun menggunakan lima pemain bertipe penyerang.

Neymar kembali mendapat peluang pada menit ke-72. Memanfaatkan blunder Cristian Gamboa yang gagal mengontrol bola, Neymar kemudian melakukan drive di depan kotak penalti Kosta Rika dan melepaskan melengkung yang masih tipis di sisi kiri gawang Navas.

Wasit Bjorn Kuipers menunjuk titik putih ketika Neymar ditarik Giancarlo Gonzalez. Namun, wasit asal Belanda itu menganulir keputusannya dan batal memberi Brasil tendangan penalti karena menganggap Neymar melakukan diving.

Brasil dibuat frustrasi dengan sejumlah keputusan wasit Kuipers. Sampai-sampai Neymar dan Coutinho mendapat kartu merah karena protes berlebihan.

Gol yang ditunggu-tunggu Brasil tercipta saat injury time babak kedua berjalan satu menit. Bermula dari sundulan Firmino yang berhasil dikuasai Jesus, Coutinho kemudian menyodok bola untuk menggetarkan gawang Navas. Sebuah gol yang sangat penting untuk Brasil.

Setelah beberapa kali mendapat peluang emas, Neymar akhirnya mencetak gol saat injury time babak kedua berjalan tujuh menit. Penyerang Paris Saint-Germain itu dengan mudah menceploskan bola ke gawang yang kosong setelah menerima umpan tarik Douglas Costa.

Skor 2-0 untuk Brasil bertahan hingga akhir laga. Kemenangan yang membuat Selecao membuka peluang untuk lolos ke babak 16 besar.

(mhr)

 

Komentar

BERITA TERKINI


Masukkan Email Anda Untuk Berlangganan